Kompetensi Utama

Layanan


Gandeng LAPAN, Fenomena Kulminasi Jadi Sarana Edukasi
Penulis : Andrie P Putra • Media : suarapemredkalbar.com • 04 Feb 2018 • Dibaca : 1731 x ,

PONTIANAK, SP - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak dan Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak (BP2KP) menggandeng Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) Pontianak dalam fenomena titik kulminasi matahari pada 21-23 Maret 2018 mendatang.

Kepala Disporapar Pontianak, Syarif Saleh menjelaskan dalam fenomena alam dua tahun sekali itu, pihaknya tidak ingin hanya digelar kegiatan serimonial. Harus ada muatan edukasi di dalamnya. Mengingat ini merupakan peristiwa antariksa.

"Yang paling berkompeten untuk menjelaskan adalah LAPAN. Tahun ini dan ke depan harus lebih berbeda dan lebih baik," ujar Syarif Saleh, Minggu (4/2).

Dia mengatakan banyak orang tahu peristiwa kulminasi, namun hanya sedikit yang paham secara detail peristiwa alam itu. Nantinya, dengan penjelasan LAPAN, masyarakat akan tahu proses kejadian langka tersebut. Tidak semua wilayah di dunia yang bisa menyaksikan fenomena kulminasi. Hanya ada empat kota dan salah satunya Pontianak.

Direktur Eksekutif BP2KP, Dewi Safitri mengatakan sudah seharusnya edukasi soal kulminasi diberikan pada setiap pengunjung atau wisatawan yang datang ke Tugu Khatulistiwa.

Mulai dari alasan Pontianak bisa menyaksikan peristiwa itu, sampai bagaimana proses terjadinya. Hal ini tentu akan jadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berkunjung.

"Jadi mereka yang datang, mendapat pengalaman dan ilmu baru. Bukan tak mungkin ke depan, Tugu Khatulistiwa jadi daerah atau pusat penelitian antariksa," harap dia.

Malah yang lebih bikin takjub, dia mengusulkan agar ada lomba karya ilmiah tentang antariksa yang diikuti oleh pelajar dan mahasiwa di ASEAN.

Sementara itu, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Pontianak, Muzirwan menyambut baik
dilibatkanya LAPAN dalam peringatan peristiwa titik kulminasi matahari. Pihaknya pun akan siap sedia membantu memberikan edukasi. (bls)




Sumber : http://suarapemredkalbar.com/berita/ponticity/2018/02/04/gandeng-lapan-fenomena-kulminasi-jadi-sarana-edukasi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL