Kompetensi Utama

Layanan


Lomba Karya Ilmiah Antariksa se-ASEAN akan Digelar di Pontianak
Penulis : Redaksi • Media : netizen.media • 05 Feb 2018 • Dibaca : 1622 x ,

NETIZEN.media-Titik nol matahari di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak, diharapkan bukan sekedar menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena kulminasi.

Mestinya lebih dari itu. Lantaran banyak misteri yang dapat digali dan dikaji secara ilmiah, terkait kulminasi yang merupakan fenomena langka di bumi.

Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak (BP2KP), Dewi Safitri mengaku, akan mendorong Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kota Pontianak untuk menjadikan Tugu Khatulistiwa sebagai pusat penelitian antariksa.

Salah satu caranya, ungkap dia, dengan menggelar lomba tingkat ASEAN. “Kita bisa menggelar lomba karya ilmiah tentang antariksa, diikuti pelajar dan mahasiwa di ASEAN,” kata Dewi dalam keterangan persnya, kemarin.

Menurut Dewi, sudah seharusnya masyakat mendapatkan edukasi dan pemahaman tentang kulminasi yang tahun ini akan berlangsung pada 21 sampai 23 Maret. Karena memang di situlah daya tariknya.

“Kulminasi merupakan kejadian antariksa. Penjelasnya tentu dari Lapan. Ketika ke Tugu Khatulistiwa, wisatawan harus mengetahui proses kejadiannya dan itu sendiri adalah daya tariknya,” papar Dewi.

Terpisah, Kepala Disporapar Kota Pontianak, Syarif Saleh menerangkan, tahun ini pihaknya fokus pada edukasi kulminasi yang menjadi salah satu fenomena alam yang indah.

Dalam penyelenggaraan nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak juga menggandeng Lembaga Antariksa Nasional (Lapan) Pontianak.

“Kita ingin tahun ini, saat kulminasi bukan hanya digelar kegiatan serimonial. Namun ada nilai edukasinya. Tahun ini dan ke depan, harus lebih berbeda dan lebih baik,” ujar Saleh.

Ia pun berharap, momen langka tersebut bukan sekedar dinikmati, namun juga dapat dijadikan pembelajaran ilmiah yang penting bagi masyarakat atau pengunjung. “Kebanyakan, soal kulminasi hanya tahu nama dan secara umum, namun detailnya kurang paham betul,” ucap Saleh.

Olehkarenanya, Pemkot Pontianak menghadirkan Lapan. “Untuk menjelaskannya kepada pengunjung di Tugu Khatulistiwa, bagaimana sih proses terjadinya. Nanti Lapan memaparkannya,” kata Saleh.

Sementara itu, Kepala Balai Pengamatan Antaraiksa dan Atmosfer dari Lapan Pontianak, Muzirwan menyambut baik pelibatan Lapan dalam kegiatan pada saat kulminasi tersebut.

“Kami menyambut baik dan siap mendukung. Pada tahap awal memang perlu edukasi dan kita akan menyiapkan bahan untuk itu, bisa berupa video atau slide show,” kata Muzirwan. (N2)



Sumber : http://netizen.media/2018/02/05/lomba-karya-ilmiah-antariksa-se-asean-akan-digelar-di-pontianak/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL