Kompetensi Utama

Layanan


Jokowi Beri Arahan di Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan 2018
Penulis : Marcia Audita • Media : Kumparan.com • 06 Feb 2018 • Dibaca : 736 x ,

Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2018 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/2). Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.
Pantauan kumparan (kumparan.com), Jokowi dan JK memasuki ruangan sekitar pukul 09.05 WIB. Saat memasuki ruangan, Jokowi dan JK turut didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.
Acara dibuka dengan laporan dari Darmin Nasution. Dalam laporannya, Darmin menjelaskan, sejak 2015, titik api penyebab kebakaran hutan terus menurun.

"Rapat ini, pertemuan ini dihadiri oleh para menteri, kelompok dan lembaga terkait, gubernur, wali kota, Pangdam, Danrem, dari 12 provinsi yang rawan kebakaran hutan," kata Darmin.
"Sejak bencana kebakaran yang cukup besar terjadi pada tahun 2015 yang bersamaan dengan datangnya El-Nino kita mendapatkan laporan penurunan titik api," lanjut dia.
Hal ini, lanjut Darmin, sebagai bukti keberhasilan pemerintah maupun dunia usaha, dalam mencegah kebakaran hutan. Namun, Darmin meminta seluruh pihak untuk terus mengawal hal tersebut.

"Pada saat ini telah dibangun sistem informasi dan peringatan dini kebakaran hutan melalui website di beberapa kementerian di KLHK, BMKG, dan Lapan. Itu untuk memudahkan memonitor data bahaya kebakaran hutan," ucap Darmin.
Sebelumnya, kepada kumparan, Siti Nurbaya mengaku, pengarahan dari Jokowi sangat penting. Terlebih, Jokowi yang terjun langsung menangani kebakaran hutan di Indonesia.
"Pengarahan ini merupakan tahun ketiga yang dilakukan. Pertama, tanggal 18 Januari 2016, lalu kedua tanggal 23 Januari 2017, dan hari ini tanggal 6 Februari 2018. Arahan Bapak Presiden merupakan faktor kunci keberhasilan penanganan Karhutla dalam tiga tahun terakhir ini," kata Siti.

"Beliau memimpin secara langsung langkah-langkah pengendalian Karhutla. Dan hasilnya sangat efektif dengan tidak adanya kebakaran besar yang menyebabkan asap lintas negara. Tahun 2017 tidak ada sama sekali asap lintas negara," lanjut dia.
Siti menegaskan, pengarahan Jokowi ini, mendekati event bergengsi Internasional Asian Games 2018 yang akan dihelat Agustus mendatang. Rencananya. dalam Rakornas kali ini, Darmin juga akan memberikan pengarahan.

Anggota Kabinet Kerja seperti Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menkumham Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turut hadir. Hingga kini acara masih berlangsung.
Selain itu, turut hadir pula beberapa kepala daerah, seperti gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati dari 13 provinsi di Indonesia. Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, Kapolwil, Kapolres juga Kepala Balai Konservasi dan Kepala BPBD tampak sudah hadir di lokasi.






Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/jokowi-beri-arahan-di-rakornas-pengendalian-kebakaran-hutan-2018








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL