Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN Lantik Sekretaris Utama dan Fungsional Utama
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sur • 19 Feb 2018 • Dibaca : 12097 x ,

Sekretaris Utama dan Arsiparis Utama menandatangani berita acara pelantikan.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, melantik sekretaris utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih. Selain itu, ia juga melantik pejabat fungsional arsiparis utama, I.L. Arisdiyo. Pelantikan berlangsung di kantor pusat LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (19/2).

Kepala LAPAN mengatakan bahwa, LAPAN berupaya melaksanakan fungsi birokrasi secara tepat, cepat, dan konsisten. Tujuannya untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel dan baik. Untuk itu, LAPAN terus meningkatkan diri melalui berbagai proses, salah satunya yaitu penempatan sumber daya manusia. Hal tersebut merupakan upaya LAPAN untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik. Caranya yaitu dengan melakukan perubahan terkait aspek kelembagaan atau organisasi, ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia. 

Ia melanjutkan, dalam pembenahan organisasi juga dilakukan penataan sumber daya manusia. Thomas menjelaskan, mulai tahun ini pejabat fungsional dan pejabat struktural berada pada posisi yang setara yang setiap pergantian jabatan dan alih jabatan dilakukan pelantikan. “Pembenahan organisasi, pembenahan tata kelola merupakan wujud pemberian layanan publik yang lebih baik dan merupakan dua ciri pusat unggulan adalah penguatan kompetensi dan layanan publik yang prima,” ujarnya.

Reformasi birokrasi yang dilakukan oleh unit kerja LAPAN yang dikomandai oleh Sekretaris Utama, secara bertahap telah menunjukkan perubahan. Perubahan tersebut diantaranya yaitu LAPAN mendapat pengakuan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan, juara umum pengelolaan BMN, juara pertama unit kerja arsiparis, dan juara dua pelayanan PPID. Keberhasilan ini kemudian menjadikan I.L. Arisdyo, Sekretaris Utama periode sebelumnya, menjadi Arsiparis Utama.

Semua pembenahan yang dilakukan oleh LAPAN bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang Decission Support System (DSS) berbasis sains antariksa, DSS berbasis sains atmosfer, pengembangan teknologi roket SONDA, pengembangan pesawat transport dan pemantauan maritim, pengembangan satelit, pengembangan bank data penginderaan jauh nasional, serta pengembangan sistem pemantauan bumi nasional.

Selain itu, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan, dan distribusi data satelit penginderaan jauh. Instruksi tersebut mengamanatkan LAPAN untuk menyediakan data penginderaan jauh bagi kebutuhan nasional.

Kepala LAPAN melanjutkan, LAPAN saat ini telah memiliki tiga unit teknis yang menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nantinya, tahun ini akan diajukan dua unit teknis lainnya untuk menjadi pusat unggulan. Sementara itu, dua unit teknis lainnya dalam pengembangan.


Your Comments
Iskandar Bakri 541 days ago
Beritanya bagus, baik, dan perlu diketahui

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL