Kompetensi Utama

Layanan


Pembangunan jalan poros tengah harus dilanjutkan
Penulis : Benediktus Jahang • Media : Antaranews.com • 25 Feb 2018 • Dibaca : 2026 x ,

Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah pusat diharapkan segera melanjutkan membangun jalan poros tengah sepanjang 20 kilometer untuk mendukung pembangunan Observatorium milik Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah usulkan melalui Balai Peningkatan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang agar pembangunan jalan menuju lokasi Observatorium di pegunungan Timau dilanjutkan, karena proyek pembangunan Observatorium itu merupakan proyek nasional," kata Pelaksana tugas Sekda Kabupaten Kupang Mahlon Joni Nomseo ketika dihubungi di Kupang, Minggu.

Menurut dia, proyek Observatorium belum bisa dikerjakan saat ini karena terkendala jalan yang belum memadai untuk dilintasi kendaraan berat, sehingga pembangunan jalan poros tengah itu diharapkan sudah bisa dilanjutkan dalam tahun 2018 ini.

Nomseo menjelaskan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mendukung pembangunan Observatorium milik Lembaga Antariksa Perbangan Nasional (LAPAN) di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang.

Lapan memilih pegunungan Timau di Kabupaten Kupang sebagai lokasi pembangunan fasilitas pengamatan luar angkasa penganti Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat.

Kawasan pegunungan Timau dipandang sangat strategis bagi astronom untuk melakukan pengamatan luar angkasa.

Menurut Nomseo, apabila pemerintah pusat melanjutkan pembangunan jalan poros tengah pada 2018, proyek pembangunan Observatorium yang mulai dirintis pada 2017 dapat dilanjutkan pada 2018.

Ia menambahkan, berbagai fasilitas termasuk kendaraan berat milik Lapan sudah ada di Kupang, namun belum bisa menuju ke pegunungan Timau karena kondisi jalan yang belum memadai.

"Beberapa kendaraan yang memiliki fasilitas modern sudah ada di Kupang. Ada yang dititipkan di rumah jabatan bupati Kupang untuk kepentingan pengamanan," ujar Nomseo.




Sumber : https://kupang.antaranews.com/berita/5966/pembangunan-jalan-poros-tengah-harus-dilanjutkan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL