Kompetensi Utama

Layanan


Nelayan Lamongan Dikenalkan pada Alat Pendeteksi Ikan Buatan LAPAN
Penulis : Eko Sudjarwo • Media : detik.com • 28 Feb 2018 • Dibaca : 1975 x ,

Lamongan - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah menemukan alat yang bisa memudahkan nelayan yang mengeluh kesulitan untuk mendeteksi keberadaan ikan saat melaut.

Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo, alat yang disebut dengan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) ini telah terbukti mampu meningkatkan kapasitas produksi hasil tangkapan ikan nelayan di berbagai daerah di Indonesia.

"Salah satunya nelayan di Kabupaten Indramayu yang sudah memakai alat ini dan hasil tangkapannya meningkat sangat signifikan," kata Arisdiyo kepada detikcom, Selasa (27/2/2018).

Arisdiyo menuturkan, selain memperkenalkan alat ZPPI, LAPAN juga memberikan materi seputar ZPPI ke nelayan Lamongan bersama dengan alat pendukung ZPPI tersebut, yaitu GPS-Fishfinder.

"Setelah pemaparan materi, kami juga menyerahkan alat GPS-Fishfinder ke nelayan," terang Arisdiyo usai memberikan materi kepada nelayan di TPI Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan.

Menurut Arisdiyo, jika kedua alat ini bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan, maka secara otomatis akan meningkatkan kesejahteraan nelayan. "Alat ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Lamongan," ujar Arisdiyo.

"Dengan bantuan ZPPI ini akan mengurangi risiko boros bahan bakar saat melaut. Perumpamaannya seperti kita cari alamat tanpa arahan yang jelas, pasti buang waktu dan boros bensin tapi alamatnya susah ditemukan. Nah, begitu juga melaut. Informasi ZPPI membantu nelayan untuk menemukan 'alamat' ikan," jelas anggota Komisi VII DPR RI Hj Eni Maulani S dalam kesempatan yang sama.

Menurut Ketua DPP Bidang Energi dari Partai Golkar ini, potensi nelayan di Kecamatan Paciran cukup besar dan menjanjikan dengan jumlah mencapai 1.200 KK nelayan.

Hanya saja, untuk saat ini alat ini baru diperkenalkan ke 4 kelompok nelayan. "Sudah saatnya mengubah paradigma. Nelayan juga bisa kaya dengan bantuan teknologi dan salah satu hasil litbang LAPAN ini," tutup Eni.
(lll/fat)






Sumber : https://news.detik.com/jawatimur/3888934/nelayan-lamongan-dikenalkan-pada-alat-pendeteksi-ikan-buatan-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL