Kompetensi Utama

Layanan


Pelatihan TerraSAR-X Order Tasking oleh Airbus
Penulis Berita : Haris • Fotografer : Pustekdata • 27 Feb 2018 • Dibaca : 10234 x ,

Suasana training TerraSAR-X Order Tasking

Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN sesuai amanat UU nomor 21 Tahun 2013, memiliki tugas untuk memperoleh data-data satelit penginderaan jauh sampai pemanfaatan dan diseminasi kepada pengguna. Perolehan data penginderaan jauh, salahsatunya dengan mengakuisisi data langsung di stasiun bumi LAPAN Parepare.

Januari lalu, LAPAN meresmikan sistem penerima data penginderaan jauh resolusi sangat tinggi hasil kerjasama LAPAN dengan Airbus. Data penginderaan jauh resolusi sangat tinggi yang diterima LAPAN adalah data satelit Pleiades dan satelit TerraSAR-X.
Dengan adanya sistem penerima data penginderaan jauh khususnya TerraSAR-X ini, kegiatan order tasking menjadi konsekuensi dari sistem tersebut. Agar dapat melakukan order tasking data TerraSAR-X diadakan Training TerraSAR-X Order dengan mendatangkan pengajar dari Airbus.

Training TerraSAR-X Order dilakukan di kantor Pustekdata LAPAN Jakarta19-23 Februari 2018, dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Fasilitas Pustekdata, Ayom Widipaminto. Peserta training berjumlah 10 orang. Christian Thiergan dan Markus Schupp dari Airbus Jerman memberikan materi pengenalan produk dan tasking data TerraSAR-X, ERP order tools, workflow, TerraSAR-X timelines, deadlines, ordering exercises dan terakhir live tasking dengan AOI Kalimantan Utara yang merupakan daerah yang hampir selalu diliputi awan namun selalu dapat dilihat oleh data SAR yang dapat menembus awan. 

Hasil dari training ini adalah Pustekdata dapat melakukan sendiri order tasking data satelit TerraSAR-X, sehingga dapat merencanakan sendiri pemrograman perekaman satelit TerraSAR-X sdecara mendalam untuk perekaman kedepan. Training dilakukan selama satu minggu dan berbagai materi diberikan oleh pengajar. Training ditutup oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Rubini Jusuf.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL