Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Produk Litbangyasa
Penulis : Redaksi • Media : sumbarsatu.com • 28 Feb 2018 • Dibaca : 2559 x ,

Agam, sumbarsatu.com--Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar Sosialisasi Produk Litbangyasa, Rabu (28/2/2018), di Aula Utama Kantor Bupati Agam.

Sosialisasi tersebut diikuti Bupati Agam, H.Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, dan para pimpinan OPD jajran Pemkab Agam.

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, DR. Rika Andiarti, mengatakan produk tersebut dapat digunakan untuk memperoleh database dan mengindentifikasi komoditas yang ada di Agam.

Ia menyatakan, tim menyosialisasikan produk Litbangyasa, yang dapat bermanfaat untuk inventarisasi dan update data, seperti mitigasi bencana, catchment area (daerah tangkapan air), komoditas pertanian, dan permukiman.

"Saat ini yang kita sosialisasikan adalah pesawat LSU-01 untuk foto udara resolusi 15 cm, dengan luas pemantauan 200 ha," ujarnya.

Untuk penelitian lebih lanjut, pihaknya bersedia membantu Pemkab Agam dalam menginput data lebih detail.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Agam menyatakan mendukung, dan menyambut baik sosialisasi produk Litbangyasa yang disampaikan LAPAN kepada jajaran Pemkab Agam. Dengan harapan, teknolgi tersebut dapat dimanfaatkan dan bekerja sama dengan Pemkab Agam yang sifatnya implementatif untuk peta pemantauan, seperti Danau Maninjau, catchment area, mitigasi bencana, inventarisasi mata air, dan daerah konservasi.

"Saya berharap LAPAN bisa membuat peta pemantauan, agar data yang diperoleh lebih konkrit dan komplit, sehingga bisa mempermudah identifikasi di lapangan. Kita juga sudah siap apabila ditunjuk sebagai daerah observasi, karena 2/3 luas Agam sangat berpotensi untuk observasi," ujarnya. (MSM)



Sumber : http://www.sumbarsatu.com/berita/17876-lapan-sosialisasikan-produk-litbangyasa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL