Kompetensi Utama

Layanan


ISELION 2018
04 Mar 2018 • Dibaca : 1348 x ,

Pusat Sains Antariksa LAPAN menyelenggarakan Internasional School on Equatorial and Low Latitude Ionosphere (ISELION 2018) atau Sekolah Internasional pada Katulistiwa dan ionosfer Rendah, pada 5-9 Maret 2018, bertempat di Assessment Center Building, National Institute of Public Administration (LAN), Jatinangor. Acara Pembukaan ISELION dilaksanakan pada hari Senin, 5 Maret 2018 pukul 08.00 WIB.

Sekolah internasional ini merupakan kerja sama internasional yang dilakukan Pusat Sains Antariksa LAPAN yang secara aktif terlibat dalam Solar-Terrestrial Physics (SCOSTEP) dalam program 5 tahun VarSITI (Variability of the sun and its terrestrial impact, 2014-2018) untuk memahami variabilitas Matahari dan dampaknya ke Bumi, secara khusus di wilayah ionosfer rendah kathulistiwa.
Indonesia sebagai negara kepulauan yang berada di wilayah Katulistiwa mempunyai peran penting dalam kajian ionosfer, sehingga ini merupakan kesempatan yang baik bagi peneliti bidang terkait dari Indonesia untuk berinteraksi dengan peneliti dari manca Negara. Pada masa sekarang ini, ionosfer menjadi wilayah yang penting pada penerapan teknologi modern seperti navigasi dan komunikasi. Oleh karena itu, peran aktif Indonesia akan sangat diperlukan dalam kegiatan keantariksaan modern.

Kegiatan ini didukung juga oleh sejumlah lembaga penelitian internasional seperti NICT, ISEE, STEL, JSPS dan VarSITI SCOSTEP, serta mendatangkan 40 siswa dari berbagai Negara untuk mengikuti sekolah. Diharapkan dari sekolah ini bisa menghasilkan kerja sama lebih baik antari Negara, serta bisa memperkenalkan peran penting Indonesia dalam penelitian ionosfer di dunia Internasional.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL