Kompetensi Utama

Layanan


Misteri Rawa Pening dari Antariksa
Penulis : Amal Nur Ngazis • Media : Viva.co.id • 09 Mar 2018 • Dibaca : 9062 x ,

VIVA – Pernah berkunjung ke Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang? Jika belum, citra satelit milik Badan Antariksa Eropa mengabadikan danau yang terkenal dengan enceng gondok tersebut dari luar angkasa. Satelit Sentinel-1A mengambil gambar Rawa Pening pada 19 Februari dan 3 Maret 2018.

Menurut Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Udhi Catur Nugroho, citra satelit Eropa itu menunjukkan perkembangan area sekitar di Rawa Pening.

Udhi menuliskan dari citra pada 19 Februari, sebagian besar ditandai dengan warna gelap yang menandakan area rawa masih dalam masa genangan air.

Kemudian pada citra satelit yang diambil pada 3 Maret 2018, wilayah Rawa Pening sudah mulai memasuki masa tanam, ditandai dengan mulai munculnya warna coklat kemerahan di area sawah.

Dari penampakan sekilas citra satelit itu, menurut Udhi, terlihat area Rawa Pening zaman purba kemungkinan mirip kepala kuda. Untuk memastikan hal itu, menurutnya, perlu penelitian mendalam.

Dari citra satelit tersebut, pada kedua foto citra tersebut enceng gondok menutupi hampir 50 persen dari permukaan airnya. Rawa Pening masuk dalam 15 danau prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.




Sumber : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1014474-misteri-rawa-pening-dari-antariksa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL