Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Pontianak Pasang Sistem Pemantauan Hujan
Penulis Berita : Humas/Pontianak • Fotografer : Humas/Pontianak • 13 Mar 2018 • Dibaca : 1872 x ,

Antena Santanu

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pontianak memasang peralatan Sistem Pemantauan Hujan Spasial (Santanu), Selasa (12/3). Menurut Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pontianak, Muzirwan, radar Santanu berfungsi untuk memantau hujan di daerah Pontianak dengan radius 44 kilometer.

Santanu mendeteksi hujan berbasis teknologi Radar X-Band yang mempunyai resolusi spasial 240X240 meter dan resolusi temporal dua menit secara near real time. Radar yang dikembangkan oleh peneliti dan perekayasa LAPAN tersebut berasal dari radar kapal yaitu radar furuno.

Sistem kerja Santanu yaitu memanfaatkan noise hujan dari radar kapal untuk memantau lokasi intensitas hujan. Selain itu, sistem ini juga memantau pergerakan hujan secara real time di dalam wilayah cakupan radar tersebut. Noise radar hujan berupa nilai echo (pantulan) dalam fungsi ADC count yang selanjutnya diubah menjadi reflektivitas. “Reflektivitas ini selanjutnya digunakan untuk mengetahui intensitas hujan berdasarkan estimasi kuantisasi dari nilai reflektivitas,” ujar anggota tim instalasi Santanu, Rudy Komarudin. 

Muzirwan mengatakan bahwa peralatan Santanu ini diharapkan dapat mendeteksi waktu dan lokasi hujan. “Dengan demikian, para pemangku kepentingan dapat melakukan tindakan saat akan terjadi hujan ekstrem yang dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” ujarnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL