Kompetensi Utama

Layanan


BROL Hadiri Sinergitas Pusat Unggulan Iptek Ristekdikti 2018
Penulis : Afriza Aziz • Media : kkp.go.id • 14 Mar 2018 • Dibaca : 4855 x ,

Bogor (14/03). Pusat Unggulan Iptek (PUI) Ristekdikti berhasil menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membahas penelitian bersama pada Selasa dan Rabu, tanggal 13 dan 14 Maret 2018 lalu di Jakarta dan Bogor. Pada kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal di Serpong ini, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) mengirimkan Bayu Priyono, M.Si dan Komang Iwan Suniada, S.Pi, M.Si sebagai peneliti BROL.

Pada hari pertama, FGD berlangsung di ruang auditorium Gedung D Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di Jakarta yang diisi dengan presentasi dari setiap institusi yang hadir dan diskusi rencana kegiatan penelitian bersama. Instansi yang berpartisipasi pada kesempatan tersebut adalah Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pusdata) LAPAN, serta Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN. Akhir diskusi ini menyepakati bahwa perlu adanya penyusunan rencana kegiatan riset untuk tahun 2018 dan 2019 dengan tema “Pemantauan Ekosistem Perairan Daerah Perikanan Tangkap (Tuna)” di Laut Seram dan Laut Banda. Kegiatan riset tersebut akan memanfaatkan sumber data dari BROL.

Hari kedua FGD berlangsung di ruang rapat Garuda, Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN di Rumpin, Bogor. Materi yang dibahas kali itu tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya. Para peserta yang berasal dari Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, BROL, Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Pusat Penelitian Fisika LIPI, Balai Teknologi Polimer BPPT, Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN akan bersinergi melakukan kegiatan riset dengan Pustekbang LAPAN sesuai dengan keahlian dan produk dari masing-masing institusi. Sesuai dengan hasil, BROL akan bersinergi dengan Pustekbang LAPAN, dengan kesepakat berupa data lingkungan laut dari BROL akan digunakan untuk bahan uji lingkungan struktur UAV (Unmanned Aerial Vehicle) berbasis komposit, data hasil simulasi gelombang dari BROL juga akan digunakan sebagai data dukung dalam desain amphiport (amphibi airplane port) di beberapa lokasi, serta akan dilakukan pengambilan foto udara untuk pemetaan mangrove, daerah pesisir, dan bagan dengan menggunakan pesawat tanpa awak.




Sumber : http://www.bpol.litbang.kkp.go.id/25-berita-terkini/346-brol-hadiri-sinergitas-pusat-unggulan-iptek-ristekdikti-2018








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL