Kompetensi Utama

Layanan


Memperingati Hari Tanpa Bayangan yang Jatuh Tanggal 21 Maret. Inilah Potret Perayaannya di Beberapa Negara!
Penulis : @dyviamega • Media : trivia.id • 18 Mar 2018 • Dibaca : 2143 x ,

Berbicara mengenai fenomena Equinox atau hari tanpa bayangan, kira-kira apa aja ya yang dilakukan orang-orang di belahan dunia untuk merayakan fenomena ini?

Sudah pernah dengar tentang Hari tanpa bayangan belum nih, Sahabat Trivia? Wah kalau belum, kalian wajib banget tahu nih. Hari tanpa bayangan adalah hari dimana matahari akan berada di lintasan garis khatulistiwa. Fenomena ini biasanya disebut dengan Equinox yang berasal dari bahasa Latin artinya malam yang sama dimana pada hari tersebut durasi siang dan malam di bumi akan sama panjangnya. Sebagai negara yang berada pada lintasan garis khatulistiwa, Indonesia tentunya akan mengalami fenomena langka ini.

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) telah mengumumkan Hari Tanpa Bayangan jatuh pada 21 Maret 2018. Tidak hanya sekali, fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun loh, Sahabat Trivia! Hari tanpa bayangan yang kedua akan jatuh pada bulan september.

Fenomena hari tanpa bayangan atau Equinox ini ternyata memiliki hal unik juga loh. Pada belahan bumi bagian selatan, Equinox yang terjadi di bulan Maret menandakan pergantian musim menuju musim gugur. Hal ini biasa disebut dengan Autuminal Equinox. Sedangkan pada belahan bumi bagian utara, Equinox yang terjadi di bulan Maret dijadikan penanda awal masuknya musim semi. Keadaan ini disebut dengan Vernal Equinox. Nah, berbicara mengenai fenomena Equinox atau hari tanpa bayangan, kira-kira apa aja ya yang dilakukan orang-orang di belahan dunia untuk merayakan fenomena ini? Yuk lihat penjelasannya berikut!

Menyaksikan aurora borealis di belahan bumi bagian utara

Aurora borealis ini sangat pas disaksikan di saat pergantian musim menuju musim semi dan musim gugur. Menurut penjelasan NASA hal ini terjadi akibat aktivitas geomagnetik akan lebih intens di dua waktu tersebut. Wah, asyiknya ya melihat warna-warni di langit malam seperti itu!

Orang-orang di China akan melakukan tradisi menyeimbangkan telur loh!

Tradisi menyeimbangkan telur di China saat mulai terjadinya Equinox diyakini sebagai pertanda akan hadirnya keberutungan dan kesuburan. Wah, unik ya tradisinya. Ada yang pernah coba menyeimbangkan telur?

Kalau di India, mereka akan merayakan dengan Festival Holi nih , Sahabat Trivia!

Nyanyian, tarian, saling lempar bubuk warna, lempar balon air, sampai lempar cat warna warni jadi kegiatan seru yang selalu diadakan dalam Festival Holi di India loh! Festival ini dirayakan sekaligus sebagai penyambutan datangnya musim semi setelah musim dingin.

Bersiap menyaksikan mekarnya bunga sakura bersama Festival Hanami di Jepang

Kalau ini sih udah terkenal banget ya festivalnya. Masyarakat Jepang biasa akan melakukan piknik bersama orang-orang terdekat di taman sambil menikmati mekarnya bunga sakura nih. Jadi pengen liburan ke Jepang kan kalau lihat cantiknya bunga sakura ini?

Kalau di Indonesia akan ada Festival Hari Nir Bayangan di Pontianak nih!

Festival ini merupakan program pemerintah Pontianak bersama LAPAN untuk merayakan hari tanpa bayangan mengingat Pontianak merupakan kota yang langsung dilintasi oleh garis khatulistiwa. Festival ini akan diramaikan dengan planetarium mini, pameran, dan ceramah edukasi loh! Wah jadi penasaran ya sama keseruannya.







Sumber : https://trivia.id/post/memperingati-hari-tanpa-bayangan-yang-jatuh-tanggal-21-maret-inilah








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL