Kompetensi Utama

Layanan


Bersiaplah Sinyal Terganggu pada Hari Tanpa Bayangan
Penulis : DTC /CN41 • Media : Suaramerdeka.com • 20 Mar 2018 • Dibaca : 3637 x ,

JAKARTA, suaramerdeka.com- Fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi di Indonesia, Rabu (21/3) besok siang. Kejadian ini disebabkan matahari tepat di atas garis ekuator (khatulistiwa).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan pada hari tanpa bayangan tersebut lapisan ionosfer yang berada di atmosfer akan memiliki dalam jumlah yang banyak.

"Pada bulan Maret dan September itu ada ionosfer yang dalam jumlah banyak. Nah, besok itu (salah satu) puncaknya," kata Rhorom Priyatikanto dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, seperti dikutip Detik, Selasa (20/3).

Lapisan ionosfer merupakan lapisan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi perkembangan telekomunikasi manusia. Namun dengan kondisi ionosfer yang jumlah banyak tersebut dapat mengganggu komunikasi radio hingga sinyal GPS.

"Gangguan bisa terjadi dan lebih tinggi, tapi tidak membuat seperti sinyal benar-benar hilang tapi lebih sering kena gangguannya," ucapnya.

Fenomena hari tanpa bayangan yang akan terjadi pada esok hari, tak hanya berlansung di Pontianak saja, tetapi juga daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Seperti di Bonjol, Bontang, Riau, Parigi Moutong, Kepulauan Kayoa, Amberi, hingga Gebe.




Sumber : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/20139/Bersiaplah-Sinyal-Terganggu-pada-Hari-Tanpa-Bayangan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL