Kompetensi Utama

Layanan


Kerjasama Antara LAPAN dan TNI AL dalam Pelatihan Manajemen Frekuensi untuk Meningkatkan Wawasan Komunikasi dan Teknik Komunikasi Radio di ARMATIM
Penulis Berita : Humas/YE/CRS/FRD • Fotografer : Humas/YE • 19 Mar 2018 • Dibaca : 3055 x ,

Kepala Bidang Program dan Fasilitas Pusat Sains Antariksa LAPAN, Adi Witono menerima cinderamata dari Ka. Subdisbangkom TNI AL Kolonel Laut I Made Wirahadi

Surabaya (19/03/18). Pusat Sains Antariksa LAPAN pada tanggal 19 s/d 23 Maret 2018 melaksanakan pelatihan di bidang aplikasi ionosfer pada komunikasi radio, yang diselenggarakan di jajaran KRI KOARMATIM, Surabaya, Jawa Timur. Hasil penelitian LAPAN di bidang ionosfer dan komunikasi radio yang telah berkembang dalam hal ini frekuensi dan teknik komunikasi radio diterapkan langsung pada masyarakat pengguna, yaitu TNI AL dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Frekuensi dan Teknik Komunikasi Radio. Kegiatan dilakukan di jajaran Armada Timur (ARMATIM), dengan 40 orang peserta yang terdiri dari 3 orang perwira, 24 orang bintara, dan 13 orang tamtama TNI AL. Kerja sama ini bukanlah yang pertama antara LAPAN dan TNI AL, karena telah lama terjalin, dan kerjasama yang selama ini terjalin bisa diharapkan berkelanjutan untuk masing-masing generasi penerusnya.

Pelatihan dipimpin dan dibuka oleh Kolonel Laut I Made Wirahadi dilanjutkan serah terima cindera mata dari LAPAN dan ARMATIM. Sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (KADISKOMLEKAL), Laksamana Pertama TNI Sutarmono (HAN) yang dibacakan oleh Ka. Subdisbangkom Kolonel Laut I Made Wirahadi mengatakan bahwa TNI AL senantiasa dituntut untuk selalu siap dalam menjaga dan mengawal keutuhan serta kedaulatan NKRI dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mungkin timbul. Dukungan KOMLEK ikut menentukan lancar tidaknya operasi yang akan dilaksanakan.

DISKOMLEKAL selaku pembina teknis bidang komunikasi bekerjasama dengan LAPAN memberikan pembekalan kepada para operator radio komunikasi guna mengatasi dan menghindari adanya gangguan selama berkomunikasi, khususnya komunikasi radio HF. Sedangkan dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) yang diwakili Kepala Bidang Program dan Fasilitas, Adi Witono yang menyatakan bahwa tugas LAPAN terutama Pussainsa selain litbang juga pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelatihan manajemen frekuensi dan komunikasi radio di Diskomlek TNI-AL, khususnya Diskomlek ARMATIM dan diharapkan bisa berlanjut.

Dengan bermaterikan ionosfer dan propagasi gelombang radio serta perkembangan teknologi komunikasi radio HF terkini dilanjutkan dengan perangkat prediksi frekuensi para peserta mengikutinya dengan seksama. Pelatihan juga disertakan praktek komunikasi meliputi jarak pendek, jarak menengah, dan jarak jauh. Di setiap kesempatan, di sela-sela acara dilakukan diskusi perkembangan teknologi terutama perangkat lunak yang berkembang berkaitan manajemen frekuensi radio serta dipikirkan bagaimana kelanjutannya untuk generasi penerus.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL