Kompetensi Utama

Layanan


HARI TANPA BAYANGAN, WARGA GELAR FESTIVAL DI TUGU KHATULISTIWA
Penulis : Tut Wuri Handayani dan Martono • Media : antvklik.com • 21 Mar 2018 • Dibaca : 1856 x ,

Pesona kulminasi yang digelar di Tugu Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, yang merupakan fenomena alam yang terjadi dalam setahun dua kali yaitu bulan Maret dan September, dimana persis posisi matahari berada tepat diatas kepala atau alami hari tanpa bayangan. Pada tahun ini hari tanpa bayangan dimeriahkan dengan Festival hari nir bayangan dan planetarium mini dari lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Pada tanggal 21 Maret 2018 matahari mencapai titik puncak kulminasi pada Rabu siang, pukul 11. 50 WIB. Pada jam ini ekuator bumi akan alami hari tanpa bayangan. Fenomena alam ini ,didunia hanya terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat, sehingga keunikan alam ini menjadi daya tarik bagi dunia.

Tugu Khatulistiwa yang terletak di Kecamatan Pontianak Utara menjadi agenda wisata setiap tahun dua kali digelar yaitu agenda pesona kulminasi matahari atau matahari tepat di atas kepala. Pada peristiwa ini, di lokasi ini ramai dikunjungi para turis domestik maupun mancanegara hanya untuk melihat detik-detik tanpa bayangan. Fenomena ini dibuktikan dengan berdirinya telur ayam tegak persis di tengah-tengah garis khatulistiwa.

"Kegiatan ini selain untuk promosi wisata, juga merupakan edukasi bagi para pelajar, karena bertepatan dengan pesona titik kulminasi ini dihadirkan pertunjukan planetarium mini , pameran dan ceramah edukasi terkait dengan fenomena alam, " ujar Kepala Dinas Pariwisata Pontianak, Syarif Saleh.

Selain pesona titik kulminasi yang digelar di tugu khatulsitiwa, juga digelar festival hari nir bayangan dari LAPAN, sehingga menambah semaraknya perayaan pesona titik kulminasi pada tahun ini.








Sumber : https://newsplus.antvklik.com/news/hari-tanpa-bayangan-warga-pontianak-gelar-festival-di-tugu-khatulistiwa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL