Kompetensi Utama

Layanan


Hari Ini Indonesia Alami Hari Tanpa Bayangan, Ini Respon LAPAN
Penulis : Vidyandini Agivonia • Media : Akurat.co • 21 Mar 2018 • Dibaca : 1577 x ,

AKURAT.CO, Sebagai daerah yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia belakangan ini sering terjadi, seperti supermoon, blood moon, dan lainnya.

Hari ini, Rabu (21/3) di kota Pontianak sedang terjadi fenomena Hari Tanpa Bayangan. Peristiwa alam ini terjadi karena posisi dimana matahari akan berada tepat di atas ekuator atau khatulistiwa. Dimana Posisi matahari ini akan tampak berada di wilayah koordinat 23.5° Lintang Utara dan 23.5° Lintang Selatan di kota Pontianak, setiap tanggal 21 Maret dan 23 September setiap tahunnya.

"Sebenernya ini fenomena biasa terjadi di Indonesia bahkan 2 kali setahun. Fenomena ini terjadi pas posisi matahari tepat diatas kepala kita atau diatas equator (khatulistiwa). Karna bumi yang mengelilingi matahari, terkadang posisi matahari ada di selatan atau utara. Nah saat ini posisis matahari tepat diatas equator," tutur Mega Mardita, staf Humas LAPAN saat dihubungi oleh tim AKURAT.CO di Jakarta, Rabu (21/3)

Akan tetapi, menurut Mega fenomena alam ini tidak terlalu berpengaruh dalam suhu udara di kota Pontianak.

"Enggak ada fluktuasi perubahan temperatur. Mungkin kesannya aja lebih panas. Tapi secara umum suhunya sama aja di Pontianak," kata Mega.

Fenomena Tanpa bayangan ini dapat dibuktikan dengan berdiri di tengah lapangan jam 12 siang. Selain itu juga dapat dibuktikan dengan melihat tidak adanya bayangan terhadap benda-benda yang posisinya vertikal seperti pagar atau tiang. Namun, pembuktian fenomena ini tidak berlaku untuk pohon dikarenakan umumnya bentuk pohon adalah seperti payung

"Kecuali untuk pohon yaa karena kan dia bentuknya seperti payung dan pasti akan membentuk bayangan dari daun-daunnya itu," tambah Mega.

Terkait peristiwa ini, LAPAN dan Pemerintah Daerah Pontianak berkerjasama untuk menggelar Festival Hari Nir Bayangan di kota Khalituliswa. Festival tersebut hanya berlangsung hanya ini saja. Tujuannya acara ini untuk mengedukasikan tentan fenomena alam serta menarik daya tarik pariwisata. LAPAN sendiri akan menyajikan pertunjukan planetarium mini bagi anak-anak, pameran, dan ceramah edukasi.





Sumber : https://tekno.akurat.co/id-177374-read-hari-ini-indonesia-alami-hari-tanpa-bayangan-ini-respon-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL