Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN, TEMPAT STUDY DAN REKREASI
Penulis : rhm/mrhm/sp • Media : sulsel.kemenag.go.id • 22 Mar 2018 • Dibaca : 5958 x ,

Ma’rang, (Humas MTsN), Kamis, 22 Maret 2018. Proses pembelajaran, tidak mesti berada di dalam kelas dan tidak mesti bertatapan muka. Proses pembelajaran adalah salah satu cara mengenalkan dunia ilmu kepada para peserta didik. Salah satu kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan adalah study lapangan.

Salah satu program pembelajaran yang diterapkan di MTsN Pangkep adalah studi lapangan. Hari Selasa 20 Maret 2018, peserta didik MTsN Pangkep beserta sejumlah Guru Pembina dan Kepala Madrasah mengunjungi sebuah lembaga yang berada di Kotamadya Pare-pare, yaitu LAPAN. Sebuah lembaga yang full IT. Lembaga yang berlokasi di ketinggian ini adalah Lembaga Penginderaan Jarak Jauh. Lembaga yang bertugas menerima dan merekam data satelit penginderaan jarak jauh, mengolah data sumber daya alam, serta mendistribusikan dan melayani lembaga yang membutuhkan informasi tentang Penginderaan Jarak jauh.

Studi lapangan diikuti oleh seluruh Siswa Kelas VIII sebagai salah satu kegiatan pembelajaran dalam Bidang studi IPA. Turut serta Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Pangkep, Drs. H.Muh.Afhar B.,M.Pd., pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat positif, karena ada hal yang tidak bisa dijelaskan oleh guru namun dapat ditangkap dengan mudah apabila melihat dengan langsung, demikian ungkap beliau ketika ditanyakan dukungannya pada kegiatan tersebut.

Dengan menggunakan kendaraaan bus, peserta studi lapangan disambut dengan hangat oleh para pegawai di tempat tersebut. Setelah diterima secara resmi dan dijelaskan kegiatan serta hal-hal yang berkaitan dengan Lembaga tersebut, para peserta didik dipersilahkan memasuki server dan pengolahan data tersebut lembaga tersebut.

Ruangan ini harus dingin dan terjaga keamanannya karena banyak sekali data dan informasi penting yang tersimpan, dikuatirkan kalau panas, akan merusak data yang tersimpan, demikian ungkap Pemandu ketika salah seorang peserta didik bertanya kenapa ruangan Server sangat dingin.

Antusiasme para peserta didik terlihat dari berbagai pertanyaan yang disampaikan. Ketertarikan tersebut juga tersirat dari pertanyaan tentang latar belakang pendidikan yang harus ditempuh bila ingin menggeluti bidang penginderaan jarak jauh.

Kepala MTsN Pangkep, Drs.H. Abdul Hafid H.,M.A. mengucapkan terima kasih atas sambutan dari para pegawai LAPAN, beliau berharap tahun-tahun yang akan datang dapat kembali membawa peserta didik ke tempat ini, dengan harapan mampu memberi motivasi lebih bagi mereka.

“Saya sangat senang, karena kayak tempatnya indah dan menarik, banyak sekali yang dapat kami pelajari di sini. Pokoknya saya suka kegiatan seperti ini, belajar dan rekreasi juga!” demikian ucap Sinar Sang Surya, salah satu peserta studi lapangan, sambil tertawa lepas.





Sumber : http://sulsel.kemenag.go.id/artikel-3716-lapan-tempat-study-dan-rekreasi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL