Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia Dipastikan Aman dari Jatuhnya Tiangong-1
Penulis : Afifah • Media : Akurat.co • 02 Apr 2018 • Dibaca : 6853 x ,

AKURAT.CO, Setelah beberapa pekan terakhir masyarakat Indonesia dibuat khawatir terhadap pemberitaan jatuhnya satelit Tiangong-1, kini sudah bisa bernafas lega. Situs Orbit Sains LAPAN hari Minggu, (1/4), jam 07:20 WIB, sudah menyatakan bahwa Indonesia tidak akan menjadi lokasi jatuhnya sampah satelit tersebut.

Sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan satelit buatan China tersebut akan jatuh pada Minggu sekitar pukul 07:52 WIB. Akan tetapi satelit tersebut mengalami penurunan orbit sedikit lambat, sehingga diperkirakan akan benar-benar sampai ke bumi besok, Senin, (2/4).

“Penurunan orbit sedikit melambat. Saat ini ketinggian sekitar 170 km (turun 8 km/hari),” tulis LAPAN dalam akun Twitter resminya, @LAPAN_RI, pada Minggu, (1/4).

“Perkiraan jatuh (memasuki ketinggian 120 km): 2 April,” sambungnya.

Sampah satelit itu kini telah melewati benua Amerika dan berada di Samudera Atlantik. Prediksi LAPAN, satelit tersebut kemudian akan terus bergerak hingga wilayah Eropa dan mengarah ke China, lalu diprediksi akan mengakhir perjalanannya di Samudera Pasifik. Sehingga, Indonesia tidak akan dilewati oleh satelit yang telah dibuat sejak tahun 2011 tersebut.

“Lintasan terakhir Tiangong-1 diperkirakan tidak akan melewati Indonesia,” tulis Orbit LAPAN dalam situsnya. Selain itu, LAPAN juga menyimpulkan sementara bahwa Indoneseia aman dari jatuhnya Tiangong-1.

Satelit Tiangong-1 merupakan misi utama stasiun ruang angkasa yang dibuat dan diluncurkan oleh Tiongkok untuk pengujian dan penguasaan teknologi rendezvous dan docking. Satelit ini diluncurkan pada 2011 sebagai prototipe stasiun luar angkasa pertama China dan mulai mengorbit sejak 30 September 2011.





Sumber : https://tekno.akurat.co/id-185478-read-indonesia-dipastikan-aman-dari-jatuhnya-tiangong1








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL