Kompetensi Utama

Layanan


Fungsi antena baru yang diluncurkan LAPAN
Penulis : Yoseph Edwin • Media : beritagar.id • 04 Apr 2018 • Dibaca : 8981 x ,

Kemarin, Selasa (3/4), bertempat di Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, telah diresmikan sebuah antena satelit baru milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Ini merupakan antena full motion dengan kemampuan dapat menerima dua frekuensi yaitu frekuensi S dan X band dan bisa melakukan transmisi pada frekuensi S-band.

Perbedaan antara S band dan X band sederhananya terletak pada frekuensi lokasi masing-masing. X band (8 hingga 12 GHz) banyak digunakan secara luas terutama pada perahu di laut karena kemampuannya untuk menggunakan antena yang lebih kecil dan untuk memberikan resolusi target yang lebih baik. Sementara itu, Radar S-band (2 sampai 4 GHz) sering digunakan untuk aplikasi khusus, seperti melihat menembus cuaca buruk atau curah hujan tinggi serta untuk deteksi burung jarak jauh. Antena S band berukuran lebih besar.

Antena S-X Band Mission Control Center berdiameter 11,28 meter baru ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Antena tersebut terintegrasi dengan bangunan pusat pengendali misi satelit di LAPAN. Fungsi antena yaitu untuk mengunduh data muatan satelit berupa data gambar hasil penginderaan jarak jauh. Antena ini juga dapat menerima data yang berasal dari kapal-kapal laut di seluruh dunia.

"Khususnya data dari LAPAN-A2 (LAPAN-ORARi) dan LAPAN-A3 (LAPAN-IPB)," ujar Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin ke Kompas.com, Senin (2/4/2018).

LAPAN-A2 dan LAPAN-A3 merupakan satelit LAPAN yang kedua dan ketiga. Sedangkan seri A merujuk pada seri eksperimen.

"LAPAN-A2 adalah satelit untuk mendeteksi kapal dengan AIS (Automatic Identification System), kemudian ada kamera untuk penginderaan jauh, kemudian juga untuk komunikasi radio amatir," ujarnya.

AIS merupakan sistem pelacakan otomatis digunakan pada kapal untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya, BTS AIS, dan satelit. Informasi AIS melengkapi radar laut yang menjadi metode utama menghindari tabrakan dalam bidang transportasi air.

"Satelit LAPAN-A3 punya kamera multispectral untuk pemantauan vegetasi di hutan, perkebunan, dan pertanian. Satelit ini juga untuk mendeteksi kapal dengan AIS (Automatic Identification System) dan penelitian medan magnet bumi," urainya.

Antena tersebut juga dirancang untuk dapat menerima dan mengirimkan data satelit LAPAN generasi selanjutnya. Seperti LAPAN-A4 dan LAPAN-A5 yang sedang dikembangkan. Khusus LAPAN-A5, pengembangannya bekerja sama dengan Universitas Chiba di Jepang untuk penggunaan radar mini dalam mikrosatelit. LAPAN-A4 diperkirakan akan diluncurkan pada 2020, sementara LAPAN-A5 pada 2022.

Bukan hanya dapat menerima data satelit LAPAN, antena ini juga mampu mengunduh data dari satelit milik luar negeri.

"Bukan hanya satelit LAPAN yang memakai tapi pihak lain juga bisa pakai. Misalnya India menggunakan satelit ini untuk mengontrol satelit-satelit yang baru diluncurkan," katanya.

Ada pun data satelit milik luar negeri yang dapat diterima antena ini adalah Landsat-7 dan 8, Worldview-1, Worldview-2, Worldview-3, GEOEYE-1, Radarsat-2, MODIS (Aqua, Terra, Aura), SPOT-6, SPOT-7, IRS-P5, IRS-P6, IRS-P7, Sentinel-1A, Sentinel-2A, COSMO Skymed-1, COSMO Skymed-2, COSMO Skymed-3, COSMO Skymed-4, TerraSar-X, Tandem-X, Kompsat-2, Kompsat-3, Kompsat-5, Pleiades-1A, Pleiades-1B, EROS atau satelit yang bekerja pada frekuensi tersebut.

Harapannya, setelah masa pembangunan antena S-XBand Mission Control Center yang berlangsung dari tahun lalu, operasi misi satelit LAPAN dan penerimaan data satelit lainnya dapat berjalan secara optimal. Hal ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan pencapaian kemandirian penguasaan teknologi di Indonesia.






Sumber : https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/fungsi-antena-baru-yang-diluncurkan-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL