Kompetensi Utama

Layanan


Citra Satelit, Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan Merembes hingga ke Selat Makassar
Penulis : Prayudha • Media : okezone.com • 05 Apr 2018 • Dibaca : 6750 x ,

MAKASSAR - Tragedi tumpahnya minyak milik PT Pertamina (Persero), yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur dikabarkan telah merembes ke perairan Sulawesi tepatnya di Selat Makassar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan pengamatan citra satelit yang dimiliki Lembaga Penerbangan dan Antariksa Republik Indonesia (LAPAN RI).

Adanya tanda hitam pekat yang mulai memasuki perairan Sulawesi tersebut juga mulai nampak di bagian Selatan selat Makassar. Untuk mengantisipasi adanya sesuatu yang tidak diinginkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup mengaku melakukan langkah antisipasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulsel Andi Hasbi Nur, yang dikonfirmasi melalui telefon selulernya membeberkan telah melakukan koordinasi dengan forkopimda dan Direktorat Polisian Perairan (Polair) Polda Sulsel dan TNI AL, dalam hal ini Lantamal VI Makassar.

"Yang pastinya semuanya telah disiapkan. Semoga saja tidak terjadi apa-apa dan mudah-mudahan sih tidak berkepanjangan, karena pasti, dampaknya sangat luas, merusak lingkungan di laut," jelas Hasbi Nur.

Sementara, Direktur Dirpolair Polda Sulsel, Komisaris Besar Purwoko Yudiyanto menambahkan, akan keterkaitan pihaknya dalam melakukan pengecekan langsung ke titik kordinat yang dimaksud.

"Kita akan kordinasikan segera dengan instansi terkait untuk berusaha melakukan pencegahan agat supaya tumpahan minyak tak merembes kemana-mana sehingga tidak merusak lingkungan," jelasnya.

Terpisah, Ketua Walhi Sulsel Asear Exwar mengharapkan akan pihak yang terkait dapat mengantisipasi tumpahnya minyak agar tak merusak ekosistem yang ada di dasar laut.

"Karena ini bisa merusak ekosistem laut pastinya dan yang akan bertanggung jawab akan kejadian tersebut. Kami berharap dapat teratasi dengan cepat," jelasnya.





Sumber : https://news.okezone.com/read/2018/04/05/340/1882713/citra-satelit-tumpahan-minyak-di-teluk-balikpapan-merembes-hingga-ke-selat-makassar








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL