Kompetensi Utama

Layanan


Turunkan Tim, KLHK Bakal Siapkan Tuntutan Perdata dan Ganti Rugi Tumpahan Minyak
Penulis : Nalendro Priambodo • Media : Tribunnews.com • 05 Apr 2018 • Dibaca : 6236 x ,

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimanatan (P3EK) ditemui di lokasi yang sama menjelaskan, posisi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), masih akan mempersiapkan berbagai kemungkinan langkah hukum kedepannya

"Untuk ganti rugi masyarakat dan tuntutan perdata nanti akan ditangani tim KLHK,"ujar pria yang akrab disapa Sony ini.

Tim yang diperintahkan turun langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar ini sudah bekerja sejak minggu lalu, beberapa saat setelah tragedi ini.

Tim KLHK sudah bekerja sejak minggu lalu, untuk menghitung semua itu, terlepas dari penyebabnya apa, tapi bahwa ini telah merugikan habitat, masyarakat dan lainya,"ujarnya.

Tim gabungan baru saja merampungkan laporan tim penanganan dampak tumpahan minyak Teluk Balikapapan Rabu (4/4/2018).

"Kita akan evaluasi dan valuasi kerugian terhadap habitat yang terpapar oleh pencemaran dan kerusakan,"ujarnya.

Hasil laporan setebal 13 halaman, yang disampaikan Rabu (4/4/2018) itu, menggambarkan kerusakan ekologis yang mencengangkan akibat tragedi ini.

Hasil pemeriksaan lapangan memuat, area terdampak akibat tumpahan minyak diperkirakan mencapai ± 7.000 ha dengan panjang pantai terdampak di sisi Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, mencapai ± 60 km.

"Berdasarkan fakta lapangan ditemukan ekosistem terdampak berupa tanaman mangrove ± 34 Ha di Kelurahan Kariangau RT 01 dan RT 02, 6.000 tanaman mangrove di Kampung Atas Air Margasari, 2.000 bibit mangrove warga Kampung Atas Air Margasari dan biota laut jenis kepiting mati di Pantai Banua Patra,"tulis laporan itu.

Tim gabungan mendapati keluhan masyarakat yang mual dan pusing akibat bau minyak menyengat selama beberapa hari, khususnya di area permukiman yang masih terpapar tumpahan minyak.

"Masih ditemukan lapisan minyak di perairan, tiang dan kolong rumah pasang surut penduduk di daerah Kelurahan Margasari Kelurahan Kampung Baru Hulu, Keluarahan Kampung Baru Hilir, Kelurahan Kariangau RT 01 dan RT 02, Kecamata Balikpapan Barat,"tulis laporan tim di lapangan.

Bahkan, hasil analisis citra satelit LAPAN, yang direkam, Minggu (1/4/2018), sehari setelah tumpahan diketahui menggunakan data Landsat 8 dan Radar Sentinel 1A mencatat, estimasi total luasan tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan seluas 12.987,2 ha.

Daftar hasil temuan ini dampak kerusakan ini, diprediksi bertambah, menurut hasil perhitungan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, ada 162 nelayan yang tak bisa melaut karena dampak tumpahan minyak itu.

Merujuk undang-undang No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pada pasal 90, dicantumkan hak gugat pemerintahan dan pemerintah daerah yang bertanggung jawab di bidang lingkungan hidup berwenang mengajukan gugatan ganti rugi dan tindakan tertentu terhadap usaha dan/atau kegiatan yang menyebabkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang mengakibatkan kerugian lingkungan hidup.






Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2018/04/05/turunkan-tim-klhk-bakal-siapkan-tuntutan-perdata-dan-ganti-rugi-tumpahan-minyak?page=3








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL