Kompetensi Utama

Layanan


Wantanas siapkan Biak sebagai lokasi peluncuran satelit LAPAN
Penulis : Muhsidin • Media : Antaranews.com • 10 Apr 2018 • Dibaca : 6848 x ,

"Ada dua wilayah yang diprogramkan pemerintah menjadi tempat peluncuran satelit di Indonesia Timur yakni Kabupaten Morotai, Maluku Utara serta Kabupaten Biak Numfor di Papua"


Biak (Antaranews Papua) - Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) tengah menyiapkan Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, sebagai salah satu wilayah paling Timur Indonesia untuk lokasi peluncuran satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

"Ada dua wilayah yang diprogramkan pemerintah menjadi tempat peluncuran satelit di Indonesia Timur yakni Kabupaten Morotai, Maluku Utara serta Kabupaten Biak Numfor di Papua," kata Deputi Bidang Sistem Nasional Wantannas Mayjen TNI Aris Martono Haryadi, seusai tatap muka dengan jajaran Pemkab Biak Numfor, di Biak, Selasa.

Pertemuan itu juga dihadiri pihak Angkasa Pura dan perwakilan Lapan, yang dipandu Asisten III Sekda Biak Andreas F Lamecky.

Ia mengakui kunjungan kerja tim Wantanas ke Biak untuk melakukan sosialisasi serta mencari masukan terhadap rencana program peluncuran satelit Lapan.

Menyinggung masalah tuntutan tanah hak ulayat yang muncul dalam dialog, menurut Mayjen Aris Hariyadi, tim Wantanas tengah melakukan mediasi dengan masyarakat adat, tokoh masyarakat serta Pemkab Biak Numfor.

Mayjen Aris Haryadi berharap setelah hasil mediasi dengan lembaga adat dan masyarakat pemilik hak ulayat dapat ditindaklanjuti Pemkab Biak Numfor.

"Wantanas sangat menerima banyak masukan dari Pemkab Biak Numfor, organisasi perangkat daerah, perusahaan BUMN PT Angkasa Pura 1 cabang Bandara Frans Kaisiepo serta lembaga adat," ujarnya.

Ia mengharapkan potensi sektor pariwisata dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Biak Numfor dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Potensi lain dimiliki wilayah Pulau Biak dan sekitarnya, menurut Maryjen Aris Haryadi, yakni menjadi basis pengembangan pertahanan TNI di kawasan Timur Indonesia.

"Rencana pengembangan pulau Biak menjadi pertahanan TNI untuk kepentingan mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI dari Sabang hingga Merauke," katanya.





Sumber : https://papua.antaranews.com/berita/466820/wantanas-siapkan-biak-sebagai-lokasi-peluncuran-satelit-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL