Kompetensi Utama

Layanan


1.622 Desa di Kalteng Rawan Terbakar
Penulis : Andi Nugroho / Antara • Media : harnas.co • 12 Apr 2018 • Dibaca : 5829 x ,

PALANGKA RAYA (HN) -
Sebanyak 1.622 desa dan kelurahan di 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dinyatakan rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau. Dari jumlah itu, 263 desa kategori kerawanan sangat tinggi, 222 desa kategori tinggi, 94 desa kategori sedang, dan 1.033 desa lain kategori rendah.

Data tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Kamis (12/4) saat rapat koordinasi pengendalian karhutla 2018 di Kalteng dan sosialisasi teknologi Bios 44. "Ini menjadi tantangan yang dihadapi Kalteng karena kerawanan desanya sangat tinggi," ucap dia.

Kendala yang dihadapi dalam mencegah dan menanggulangi karhutla juga relatif banyak. Mulai dari sistem peringatan dini masih bersifat parsial dan lebih banyak berdasarkan cuaca serta satelit dan belum banyak didukung data lapangan seperti Fire Danger Rating System (FDRS) oleh BMKG dan LAPAN.

Kendala lain, peralatan pemadam karhutla dan teknologi tepat guna pengelolaan lahan tanpa bakar (PLTB) masih terbatas serta belum terjangkau masyarakat. Sumber pendanaan khusus untuk pencegahan pun masih terbatas.

"Secara khusus di BPBD, belum ada dana pencegahan yang bersifat on call atau dapat dipergunakan sewaktu-waktu. Beberapa kendala ini perlu menjadi perhatian serius dari semua pihak, khususnya Pemerintah Pusat," kata Darliansjah.

BPBD Kalteng mengusulkan adanya dukungan ataupun fasilitasi Pemerintah Pusat dalam penyediaan Sistem Peringatan Dini yang terintegrasi serta pengadaan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, adanya dukungan maupun fasilitas Pemerintah Pusat dalam penyediaan teknologi PLTB yang cukup dan terjangkau masyarakat. Perlu adanya DAK dari BNPB khusus pencegahan dan penanggulangan karhutla.




Sumber : http://www.harnas.co/2018/04/12/1622-desa-di-kalteng-rawan-terbakar








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL