Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Selenggarakan Bimtek Sistem Informasi Pengadaan
Penulis Berita : Humas/EK • Fotografer : Humas/EK • 18 Apr 2018 • Dibaca : 3548 x ,

LAPAN meyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Penyusunan, Pengisian, dan Pengumuman Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan LAPAN melalui aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP). Kegiatan tersebut berlangsung di kantor pusat LAPAN, Rawamangun, Jakarta, Selasa (17/4).

Bimtek tersebut dilatarbelakangi oleh Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan perubahannya tentang Pengadaan Barang/Jasa. Dalam peraturan tersebut menetapkan bahwa pengguna anggaran mengumumkan rencana umum pengadaan barang/jasa pada masing-masing kementerian/lembaga/pemerintah daerah/ institusi secara terbuka kepada masyarakat luas. Pemberitahuan ini setelah rencana kerja dan anggarannya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pengumuman pengadaan kemudian dilakukan melalui situs jejaring instansi masing-masing, papan pengumuman resmi untuk masyarakat, dan portal pengadaan nasional melaui LPSE.

Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, saat membuka bimtek mengatakan bahwa satuan organisasi di lingkungan LAPAN harus mengumumkan seluruh pengadaan barang/ jasa melalui aplikasi SiRUP. Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dalam mendukung transparansi dan akutabilitas pengadaan barang/jasa. Transparansi tersebut dimulai sejak proses perencanaan hingga penerimaan hasil pekerjaan.

Sementara itu, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa, Chusnul Tri Judianto, mengatakan bahwa LPSN memiliki peran penting. Ia juga memaparkan mengenai mekanisme pelaksanaan pengadaan barang/jasa serta kondisi rencana umum pengadaan di lingkungan LAPAN pada 2018. 

Bimtek tersebut menghadirkan pembicara Direktur Perencanaan, Monitoring, Evaluasi, dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Sutan Suangkupon Lubis. Ia menjelaskan tentang regulasi pengadaan barang/ jasa pemerintah. Ia juga menyampaikan bahwa bahwa terkait dengan kelengkapan pengisian rencana umum pengadaan pada SiRUP, KPK akan melakukan audit terhadap instansi pemerintah yang belum melakukan pengisisan SiRUP kurang dari 50% pada tahun 2018 ini.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL