Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan UPI YAI Kerja Sama Kaji Ekonomi Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/AP • 19 Apr 2018 • Dibaca : 5227 x ,

Kepala Pusat KKPA dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI YAI berjabat tangan setelah menandatangani naskah kerja sama.

LAPAN dan Universitas Persada Indonesia YAI menandatangani perjanjian kerja sama di kantor LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (18/4). Perjanjian kerja sama kedua instansi terkait penelitian dan pengkajian ekonomi antariksa sebagai bahan perumusan kebijakan di bidang penerbangan dan antariksa. 

Naskah perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (KKPA) LAPAN, Agus Hidayat, dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI YAI Dr. Marhalinda, Direktur Akademi Akuntansi YAI Christiano Lambogia, dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI Dr. Reschiwati. 

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini yaitu penelitian dan pengkajian bersama mengenai ekonomi antariksa; penyediaan sumber daya manusia; penyediaan dan pemanfaatan bersama data untuk penelitian, metodologi serta informasi untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengkajian; peningkatan kapasitas sumber daya manusia; diseminasi hasil penelitian; pengabdian kepada masyarakat; dan publikasi ilmiah.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan implementasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara LAPAN dan UPI YAI. LAPAN sebagai lembaga pemerintah non kementerian mengemban misi dan amanat pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan penerbangan dan antariksa nasional. Untuk itu, LAPAN memiliki visi menjadi pusat unggulan Ilmu pengetahuan dan teknologi penerbanganan dan antariksa . Dalam program yang telah dicanangkan, LAPAN memiliki empat kompetensi utama, yakni sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, penginderaan jauh, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. 

Erna melanjutkan, sebelumnya, terdapat dewan nasional yang mengatur, menyusun, dan mengkoordinasikan kebijakan penerbangan dan antariksa nasional. Kemudian, dengan disahkannya Undang-undang no 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, pemerintah menghapuskan beberapa lembaga non struktural termasuk Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia (Depanri). Tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut saat ini dilaksanakan oleh LAPAN. 

Dalam melaksanakan amanat tersebut, Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA) melaksanakan program strategis dalam mengkaji dan menyusun bahan kebijakan kepada pemerintah. Erna mengatakan, kajian tersebut mempertimbangkan berbagai aspek misalnya ekonomi, sosial, politik, hukum, dan teknis. Hal ini juga merupakan upaya LAPAN membangun dan meningkatkan kapasitas untuk menjadi pusat unggulan kebijakan penerbangan dan antariksa nasional. Upaya tersebut juga dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai pihak termasuk UPI YAI.

Kerja sama ini diharapkan akan menjadi sarana pertukaran pengetahuan dan pengalaman di kedua instansi. Selain itu, kedua instansi juga diharapkan dapat menghasilkan kajian kebijakan yang berkualitas terkait ekonomi. Kajian tersebut dapat meyakinkan pemerintah bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa merupakan kegiatan yang bisa menjadi penggerak ekonomi dan pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UPI YAI, Hari Agus Rahardjo, mengatakan bahwa penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan kegiatan yang membanggakan. Nantinya, kerja sama ini akan menghasilkan pertukaran ilmu pengetahuan dari kedua instansi. Hari melanjutkan, LAPAN merupakan wadah atau gudang kemutahiran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Untuk itu, ia berharap di masa mendatang, kerja sama ini dapat berlanjut di bidang lainnya juga seperti perekayasaan, informatika, sipil, dan arsitektur. Ia juga berharap, kerja sama ini akan memberikan kemajuan yang positif bagi bangsa dan negara.

Usai penandatanganan naskah kerja sama, Kepala Pusat KKPA memaparkan mengenai nilai ekonomi data dan informasi penginderaan jauh sebagai bagian dari kajian space economy.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL