Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Meriahkan Pameran Indonesia Science Day 2018
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EW • 23 Apr 2018 • Dibaca : 8112 x ,

Kepala Bagian Humas LAPAN menyerahkan miniatur satelit LAPAN kepada Menristekdikti.

LAPAN turut memeriahkan Indonesian Science Day 2018 di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek), Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi PP-Iptek ke-27, Pameran yang diselenggarakan pada 20 hingga 22 April 2018 ini, diikuti oleh 41 kementrian dan lembaga yang terdiri dari 15 perguruan tinggi, 26 lembaga litbang LPNK, BUMN industri strategis, dan komunitas.

Dalam pameran tersebut, LAPAN menampilkan berbagai hasil-hasil litbang seperti sistem informasi berbasis satelit, sistem embaran maritim, sistem pemantaun hujan, sistem informasi komposisi atmosfer indonesia, sistem informasi perubahan iklim, informasi hotspot (titik api) harian, peringatan dini antsipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta planetarium mini. LAPAN menampilkan pula roket kendali LAPAN, maket satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3/ LAPAN-IPB, maket pesawat N19 Nurtanio, maket pesawat LSU, pemanfaatan data citra satelit spot 6-7 terkait rehabilitasi lahan dan hutan indikasi ladang ganja dan informasi tanggap darurat, sistem informasi penerima data citra satelit kepada para pengguna pada 2017, serta master plan observatorium nasional di Timau. Selain pemeran, LAPAN juga menyelenggarakan bimbingan teknis komunikasi melalui satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI (IAO/86) Amatir dengan Radio Genggam.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, dalam sambutan pembukaan pameran mengatakan bahwa negara maju bukan karena negaranya yang besar. Negara maju karea memiliki inovasi tinggi. Untuk itu, ia mengajak untuk bersama-sama meningkatkan inovasi-inovasi, menciptakan ilmu pengetahuan, dan mendorong peneliti untuk berinovasi. 

Ia melanjutkan, PP Iptek berkolaborasi dengan beberapa industri strategis, lembaga litbang, dan perguruan tinggi di Indonesia untuk melengkapi peragaan di wahana inovasi indonesia dengan mengusung tujuh bidang fokus Iptek. Dengan demikian, diharapkan PP-Iptek akan menjadi tempat untuk pembelajaran bagi anak Indonesia. Dengan wahana yang tersedia ini anak Indonesia dapat bermain di sini untuk mendapatkan ilmu pengetahuan hasil karya cipta para peneliti berbagai lembaga penelitian dan pengembangan. Untuk itu, para peneliti diharapkan dapat bekerja keras dalam menciptakan hasil karya.

Kegiatan Indonesian Science Day 2018 ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh PP Iptek dengan melibatkan berbagai pihak di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung tumbuhnya masyarakat yang inovatif dan sebagai sumber pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Dalam kegiatan ini, PP Iptek menyelenggarakan pameran berbagai program sains, seperti kompetisi sains, pelatihan sains, talkshow, pertunjukan seni, dan berbagai pertunjukan sains interaktif.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL