Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Daya Tangkap Nelayan Nipah Panjang, DKP Tanjabtim Gandeng LAPAN
Penulis : Zulkifli • Media : Tribunnews.com • 03 May 2018 • Dibaca : 8457 x ,

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Untuk meningkatkan hasil tangkap ikan nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggandeng Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengenai Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI).

Sosialisasi disampaikan kepada para nelayan di Aula Kelurahan Nipah Panjang I, Kecamatan Nipah Panjang, pada Rabu (2/5).

Selain itu pihak DKP Tanjabtim juga menyampaikan sosialisasi tentang Undang-undang Perikanan kepada para nelayan.

Kepala Bidang Divisi Pengindraan Jauh LAPAN Muhammad Priyatna, menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis pemanfaatan penginderaan jauh satelit untuk menampilkan informasi zona produksi penangkapan ikan.

"Di hari pertama ini kita memberikan teori terkait ketersediaan data satelitnya dari pusat teknologi dan data LAPAN, terus juga pemanfaatan penginderaan jauhnya dari pusat penginderaan jauh. Ada yang terkait dengan untuk sumber daya alam, salah satunya zona produksional ikan, ada juga terkait dengan pasokan tanam padi pemanfaatan untuk identifikasi sumber daya kelautannya mangrove, sumber kebencanaan dan lingkungan, salah satunya kebakaran hutan, untuk mengidentifikasi banjir, longsor, gempa bumi, tsunami serta gunung api," kata Muhammad Priyatna, pada Selasa (2/5).

Selain itu rencananya siang ini juga pihak Lapan memberikan bimbingan teknis, bagaimana implementasi informasi produksi zona produksi penangkapan ikan bagi nelayan, agar bisa memanfaatkan produksi itu melalui alat yang namanya GPS PINDER di-input dari informasi zona produksional ikan.

"Di Tanjung Jabung Timur itu, ada di PA 2 dan 3 serta 11. Itu nanti Leplong atau bujur Latitude-nya itu diisi di situ, nanti teman-teman langsung dipraktekkan di laut nantinya," pungkas Priyatna.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanjung Jabung Timur, Ibnu hayat mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, ilmu dan teknologi para nelayan bertambah, mereka sudah tahu dulu titik penangkapan ikan, tergantung pelaksanaannya, terus nelayan bisa menghemat biaya, seperti minyak, ransum, es.

"Cuman kita harus memaklumi, karena biasanya yang menggunakan teknologi ini, kapal yang di atas 5 sampai 10 GT. Namun tidak menutup kemungkinan yang 2 atau 3 GT kan ada juga, tergantung yang kita gunakan alatnya itu apa. Kalau alat yang kita gunakan sekarang ini kan Garmin 585.GPS ada bermacam macam, ada yang murah ada yang mahal, yang namanya teknologi setiap saat akan berubah, pada akhirnya nanti, android akan bisa digunakan untuk itu, karena android itu ada sinyal GPS nya juga. Mudah mudahan kedepannya, setahun dua tahun androidnya keluar untuk GPS Spinder," ujar Ibnu Hayat.

Ibnu hayat berharap dengan penggunaan teknologi secara otomatis nelayan akan meningkat kesejahteraan ekonomi mereka, apalagi dengan tangkapan yang banyak, karena mereka pergi ke laut tidak lagi menghayal atau mengabal di mana keberadaan ikan tersebut, kan mereka para nelayan sudah tahu dimana titik koordinat keberadaan ikan tersebut.

Di lain pihak Camat Nipah Panjang, Kamaruddin selaku pemangku kebijakan di Kecamatan Nipah Panjang mendukung penuh apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di wilayahnya.

"Kami dari pemerintahan Kecamatan Nipah Panjang sangat mendukung kerjasama Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sehingga para nelayan yang ada di wilayah Kecamatan Nipah Panjang bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak dan bisa meningkatkan ekonomi kesejahteraan kehidupan mereka dengan adanya alat tangkapan ikan yang canggih tersebut," pungkas Kamaruddin.





Sumber : http://jambi.tribunnews.com/2018/05/02/tingkatkan-daya-tangkap-nelayan-nipah-panjang-dkp-tanjabtim-gandeng-lapan.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL