Kompetensi Utama

Layanan


BNN Gandeng LAPAN Untuk Lacak Ladang Ganja Menggunakan Satelit
Penulis : Ihsan • Media : trubus.id • 04 May 2018 • Dibaca : 5902 x ,

Trubus.id --- Genderang perang terhadap narkoba yang bisa merusak generai muda bangsa terus ditabuh pemerintah. Berbagai cara pun dilakukan pememrintah melalui Badan Narkortika Nasional (BNN) RI untuk mencegah peredaran bahkan produksinya.

Kini, BNN menjalin kerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Langkah ini diambil BNN untuk mendeteksi ladang-ladang ganja di Indonesia.

Dengan bantuan LAPAN, nantinya ladang ganja yang tersebar di pelosok hutan bisa diketahui melalui satelit mereka.

"Kami terus kerja sama dengan LAPAN. kemarin saya juga sudah ketemu pihak dari sana," ujar Kepala BNN, Komjen Heru Winarko di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018).

Ia membenarkan, kerja sama ini dibina untuk mengungkap ladang-ladang ganja yang masih tersebar di pedalam hutan. Cara konvensional dinilainya tidak mumpuni untuk mengungkap keberadaan ladang-ladang itu.

"Kami kerja sama dengan LAPAN untuk mengetahui posisi ladang-ladang ganja, dan kita juga melakukan referending," sambungnya.

Lebih lanjut, ladang ganja yang telah disita pihak berwajib juga akan diubah menjadi ladang tanaman produksi. Upaya perbaikan itu dilakukan dengan mengubah fungsi ladang ganja jadi ladang lain, contohnya ladang kopi atau jagung.

"Ya jadi lahan-lahan ganja itu diubah development menjadi kayak nanti ada beberapa tempat yang kita ubah menjadi ladang kopi, ladang jagung," imbuh Heru. [RN]





Sumber : https://news.trubus.id/post/bnn-gandeng-lapan-untuk-lacak-ladang-ganja-menggunakan-satelit-10385








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL