Kompetensi Utama

Layanan


Features Inilah Siska Filawati, Peneliti Muda di LAPAN Pasuruan
Penulis : FANDI ARMANTO • Media : jawapos.com • 14 May 2018 • Dibaca : 7904 x ,

USIANYA masih 24 tahun. Namun, gadis asal Sidoarjo ini sudah dipercaya menjadi peneliti muda di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan. Saban hari dia bekerja sekaligus melakukan penelitian.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan di Watukosek, Gempol, memiliki dua orang peneliti berstatus PNS. Terdiri atas peneliti senior dan juga peneliti muda. Salah satu di antaranya adalah gadis berjilbab, putri tunggal pasangan suami istri (pasutri) Siswanto dan Rinawati, asal Buduran, Sidoarjo.

Alumni jurusan Fisika Unair lulusan 2014 lalu, kini berdinas di LAPAN Pasuruan sekaligus menjadi peneliti muda di tempat tersebut. Tiap harinya, ia ngantor di ruang matahari, bergabung bersama peneliti senior Bambang Setiahadi.

“Pertama kalinya menjadi peneliti muda dinas di Pusat Sains Antariksa di Bandung. Dan tiga bulan terakhir, pindah ke LAPAN Pasuruan,” katanya tersenyum.

Menjadi peneliti muda, sudah dilakoninya sekitar 3,5 tahun terakhir hingga sekarang. Pascalulus kuliah, diterima sebagai PNS, job sebagai peneliti muda. Ternyata hal itu merupakan cita-citanya sejak kecil, mengingat saat duduk di bangku sekolah dasar, ia suka menyanyi.

Selain itu, sang anak juga gemar mempelajari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya tentang tata surya. Cita-cita yang didambakan sejak kecil tersebut, terwujud ketika dirinya dewasa. “Profesi ini sudah sesuai dengan cita-cita saya sejak kecil. Alhamdulillah saat dewasa akhirnya kesampaian juga,” tukasnya.

Untuk bidang penelitian yang menjadi spesialisasinya saat ini, ia katakan fokus pada ruang antar planet. Di antaranya terkait dengan prediksi cuaca antariksa. Juga lontaran massa korona, plasma, yang dipercepat dan masih banyak lainnya.

Di ruang antar planet tersebut, menurutnya, fenomena antariksa yang terjadi berhubungan dengan satelit, berpengaruh terhadap navigasi maupun telekomunikasi. Tak hanya itu, ia juga meneliti kejadian yang terjadi dari matahari ke bumi.

“Apa saja yang saya teliti di LAPAN Pasuruan ini, semuanya untuk keperluan mitigasi. Tiap harinya memantaunya pakai data dari satelit, juga menggunakan alat seperti magnetometer dan sebagainya,” jelasnya.

Tak cukup itu, saja aktivitas yang ia lakukan sebagai peneliti muda. Ia juga aktif membuat penelitian. Salah satu belasan paper yang ia buat yakni “Analisis Fluks Elektronik Berdasarkan Inter Planetari Magnetik Fil dan Kecepatan Angin Matahari.”

“Menjadi peneliti itu menyenangkan karena banyak tantangannya. Kuncinya, rajin membaca, cermat, dan teliti, rajin diskusi utamanya ke peneliti sudah senior,” tuturnya. Menjadi seorang peneliti muda, merupakan profesi yang sangat jarang sekali digeluti orang pada umumnya. Siska berharap, ia bisa menjadi profesor riset katanya.

Kepala LAPAN Pasuruan Dian Yudha Risdianto yang dihubungi terpisah, mengapresiasi bagus serta positif akan kinerja Siska Filawati. “Kerjanya baik, rasa ingin tahu terkait sains antariksanya yang sangat tinggi. Juga sering serta aktif diskusi dengan peneliti senior. Dengan mutasinya ke LAPAN ini, juga memperkuat tim rukhyatul hilal di LAPAN Pasuruan,” bebernya.









Sumber : https://www.jawapos.com/radarbromo/read/2018/05/14/73048/inilah-siska-filawati-peneliti-muda-di-lapan-pasuruan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL