Kompetensi Utama

Layanan


LOKAKARYA PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENDUKUNG SEKTOR PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Penulis : Lembaga • Media : ristekdikti.go.id • 16 May 2018 • Dibaca : 8043 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional kerja sama dengan Airbus Defence and Space menyelenggarakan Lokakarya Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mendukung Sektor Pertahanan dan Keamanan yang dilaksanakan di ruang singosari hotel Borobudor Jakarta, pada hari selasa, 15 Mei 2018. Acara tersebut dhadiri oleh kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaludin dan Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Rosmintiarti, M.Sc. , Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa Dr. Rika Andiarti serta Kepala Pusat dari berbagai satuan kerja di LAPAN. Lokakarya tersebut dihadiri pleh 77 peserta dari berbagai instansi diantaranya BIN, Bea Cukai, BNPP, BNN, Bakamla, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, Polda Jawa Barat, TNI AU, Densus 88, Marinir, LAPAN dan beberapa instansi terkait lainnya.

pemanfaatan data satelit penginderaan jauh sudah menjadi suatu keharusan di wilayah Indonesia yang sangat luas guna memetakan dan memantau sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan, dan kepentingan strategis lainnya. Secara umum, Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah membutuhkan data satelit penginderaan jauh dalam mendukung kegiatannya di sektor kehutanan, pertanian, kelautan dan perikanan, pertambangan, kewilayahan, kebencanaan, pertahanan, keamanan, pajak, pariwisata, kesehatan, dll.

Pada sambutan pembukaan Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaludin menyampaikan bahwa saat ini LAPAN khususnya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh sudah dapat mengakuisisi data satelit optis resolusi sangat tinggi Pleiades dan data radar TerrasarX serta TandemX. Data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah untuk berbagai kebutuhan, khususnya kebutuhan dibidang pertahanan dan keamana

Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi dalam presentasinya memaparkan tentang peran LAPAN dalam penyediaan data penginderaan jauh untuk mendukung sektor pertahanan dan keamanan. Sesuai dengan Inpres No. 6 tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi diperkuat UU No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, Perpres No.45/2017 tentang rencana induk penyelenggaraan keantariksaan serta yang saat ini baru diresmikan PP No 11/2018 tentang tata cara penyelenggarakan kegiatan penginderaan jauh, bahwa peran LAPAN di bidang Penginderaan Jauh sudah sangat jelas dalam penyediaan data, informasi, pedoman/ metodologi dan Pembinaan kepada Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah. Pemanfaatan data penginderaan jauh pada sector pertahanan keamanan diantaranya dapat mendeteksi pulau-pulau kecil terluar, perbatasan negara, objek-objek khusus, kebencaan dll.

Penyelenggaraan lokakarya ini selain untuk memperkenalkan data satelit penginderaan jauh optis resolusi sangat tinggi (Pleiades dengan resolusi spasial 50 cm dan TerraSARX Stripmap, resolusi 3 meter) yang dapat dimanfaatkan pengguna juga untuk memperkenalkan beberapa tools dari AIRBUS yang dapat digunakan dalam menganalisis data termasuk data penginderaan jauh untuk mendukung masalah pertahanan dan keamanan.






Sumber : http://pui.ristekdikti.go.id/index.php/news/news_detail/3jKKr5O








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL