Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Kementerian ATR/BPN Kerja Sama Tata Ruang NKRI
Penulis Berita : Humas/MN • Fotografer : Humas/MN • 05 Jun 2018 • Dibaca : 297 x ,

Kepala LAPAN dan Menteri ATR/BPN menandatangani naskah kerja sama.

LAPAN dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menandatangani naskah kerja sama di Aula Prona Gedung Kementerian ATR/BPN Jakarta, Senin (4/6). Naskah ditandatangani oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dan Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil.

Kerja sama kedua instansi terkait pemanfaatan dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk pembangunan di bidang agrarian atau pertanahan dan tata ruang. Penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan upaya Kementerian ATR/BPN untuk memudahkan dalam penataan ruang atau wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tujuannya adalah untuk memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua instansi dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk pembangunan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang.

Kerja sama LAPAN dan Kementerian ATR/BPN meliputi pemanfaatan dan pengembangan bidang sains antariksa dan atmosfer; bidang teknologi dan data penginderaan jauh; bidang teknologi penerbangan dan antariksa; peningkatan kapasitas sumber daya manusia; diseminasi dan publikasi ilmiah; pertukaran data dan informasi; sertifikasi aset; dan penanganan permasalahan tanah aset LAPAN.

Sebagai implementasi dari kerja sama tersebut, kedua instansi juga sepakat bekerja sama dalam penyediaan, pengolahan, dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan tata ruang dan pemanfaatan ruang; pertukaran data dan informasi; dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dengan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LAPAN dan ATR/BPN. Penandatangan PKS ini dilakukan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti dan Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Abdul Kamarzuki.

Menteri ATR/BPN dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini semua tanah di wilayah NKRI sudah didata dengan menggunakan citra satelit resolusi tinggi. Hal tersebut sangat bermanfaat antara lain untuk tata ruang dan pengerjaan proyek-proyek. Di masa mendatang, data status tanah seperti kepemilikan dan luasnya dapat diketahui melalui komputer. 

Ia berharap, kerja sama ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN. Dengan demikian, di tahun mendatang seluruh wilayah NKRI sudah terdata. 

Dalam acara penandatanganan naskah kerja sama ini, Kepala LAPAN menyampaikan bahwa LAPAN adalah satu-satunya lembaga pemerintah yang menyediakan citra satelit untuk semua kementerian, lembaga, dan daerah sesuai dengan Inpres 6/2012 yang diperkuat Undang-undang Keantariksaan No 21/2013. Dalam kerja sama ini LAPAN siap menyediakan citra satelit resolusi tinggi dan sangat tinggi untuk mendukung penyelesaian peta pertanahan.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL