Kompetensi Utama

Layanan


Semesta Ramadhan 2018, 1000 Anak Bangsa Menembus Antariksa
Penulis : Ril/Syaf/voa-islam.com • Media : voa-islam.com • 05 Jun 2018 • Dibaca : 8852 x ,

BOGOR (voa-islam.com)—Sebanyak 1000 anak yatim dan dhuafa yang berasal dari wilayah Jabodetabek mengikuti acara Semesta Ramadhan 2018, di Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

Acara ini rutin digelar setiap Ramadhan oleh Lembaga Kemanusiaan ESQ. Pada tahun 2018 ini merupakan pelaksanaan yang ketujuh kalinya. “Ini pelaksanaan yang ketujuh kali. Yang pertama kali kita selenggarakan di Taman Mini (TMII) dengan tema cinta budaya. Yang kedua di Ancol dengan tema cinta laut. Kemudian di Lanud Halim dengan tema cinta udara. Selanjutnya di Mekarsari, Batan, dan tahun ini di Lapan dengan tema menembus antariksa,” ujar Ketua Umum LK ESQ Lea Sri Endari Irawan.

Pada kesempatan ini hadir pula Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan. Dikatakan Thomas, Lapan memang kerap dijadikan tempat kunjungan edukasi masyarakat.

“Kunjungan dari TK, pra TK, sampai mahasiswa. Fasilitas Lapan di beberapa daerah dapat dimanfaatkan masyarakat daerah untuk edukasi, khususnya generasi muda. Semoga dengan edukasi ini memotivasi mereka meraih cita-cita,” ujar Thomas.

Diharapkan dari kegiatan ini mereka mengetahui tentang manfaat Teknologi Penerbangan dan Antariksa yang sangat banyak manfaatnya untuk mendukung kehidupan manusia. Selain itu, anak-anak dapat termotivasi untuk berprofesi sebagai peneliti, karena ada beberapa aktivitas yang melibatkan anak-anak untuk belajar menjadi seorang peneliti.

Anak-anak mengikuti rangkaian workshop yang dikemas secara menarik, terdapat 13 aktivitas yang dapat dilakukan dalam kegiatan Semesta Ramdhan tahun ini, antara lain: Perakitan dan peluncuran Roket Air; Simulator N-219; Simulator LSA; Simulator UAV; Simulator UAV Mobil; Mini Planetarium; Teropong Matahari; Pameran Alat Peraga Penerbangan dan antariksa; Pemantauan Satelit LAPAN; Penerbangan Drone; Origami Roket Kertas; Pemutaran Film Edukasi LAPAN dan Quiz Interaktif.* [Ril/Syaf/voa-islam.com]


Sumber: http://m.voa-islam.com/news/indonesiana/2018/06/05/56530/semesta-ramadhan-20181000-anak-bangsa-menembus-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL