Kompetensi Utama

Layanan


UNISPACE +50 : Sumber Daya Antariksa untuk Seluruh Umat Manusia
Penulis Berita : Rz/Ung/Humas • Fotografer : Dok. Humas/Kerja Sama • 21 Jun 2018 • Dibaca : 1485 x ,

Indonesia menekankan pentingnya akses berkeadilan atas sumber daya antariksa dan pemanfaatan Geo Stationary Orbit (GSO) bagi negara-negara berkembang. Hal ini disampaikan oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin saat menyampaikan pandangan Indonesia pada Pertemuan Tingkat Tinggi Peringatan UNISPACE +50 pada 20 hingga 21 Juni 2018 di Wina, Austria.

Dalam pertemuan ini, LAPAN memberikan berbagai pandangan strategis Indonesia. Pandangan tersebut yaitu bahwa sumber daya antariksa harus dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia. Penggunaan ruang antariksa pun tanpa dibatasi dengan pengakuan dan militerisasi antariksa.

Kepala LAPAN juga mengatakan bahwa peningkatan kerja sama internasional dalam kegiatan keantariksaan perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk tujuan perdamaian. “UNISPACE + 50 adalah momentum yang tepat untuk menegaskan kembali komitmen negara terhadap prinsip-prinsip penggunaan ruang antariksa tersebut," ujar Thomas.

Dalam pertemuan tingkat tinggi UNISPACE+50 tersebut, Kepala LAPAN dikukuhkan sebagai Wakil Ketua I pertemuan United Nations Committee on the Peaceful Uses of Outer Space/UNCOPUOS (Komite PBB untuk Penggunaan Antariksa untuk Tujuan Damai) periode 2018-2019.

Kegiatan UNISPACE+50 dihadiri oleh para menteri, wakil menteri, kepala lembaga antariksa, dan delegasi dari negara-negara anggota PBB. Acara ini menghasilkan resolusi rancangan Space as A Driver of Sustanaible Development untuk diadopsi di Sidang Majelis Umum PBB ke-73 pada 2018.

LAPAN akan terus mendukung resolusi tersebut agar UNCOPUOS dapat menjalankan peran dan mandat yang diberikan. Dengan demikian, negara-negara berkembang yang memiliki kemampuan di bidang keantariksaan semakin maju.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL