Kompetensi Utama

Layanan


Pemkab Nias Utara Jalin Kerjasama dengan LAPAN
Penulis : Rukun Zebua • Media : suaraindonesia-news.com • 05 Jul 2018 • Dibaca : 3032 x ,

GUNUNGSITOLI, Kamis (5/7/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias Utara bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional dalam rangka Pemanfaatan, pengembangan data dan informasi penginderaan jauh dalam mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias Utara.

Hal ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Bupati Nias Utara oleh Bapak M. Ingati Nazara dengan Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN oleh Ibu Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. Acara penandatanganan ini berlangsung di Kantor Pusat LAPAN lantai IV, Jakarta pada hari Rabu tanggal 04 Juli 2018.

Acara ini turut dihadiri dari Pihak LAPAN antara lain : Sekretaris Utama LAPAN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih beserta seluruh jajaran Pejabat Fungsional di LAPAN sementara dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara Bapak Yusman Zega, A.Pi, M.Si dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Bapak Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Utama LAPAN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih menyampaikan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar dan nyata dalam mengoptimalkan pemanfaatan.

“Pengembangan data dan informasi penginderaan jauh untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Nias Utara,” tuturnya.

Aspek perencanaan, pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya yang ada di Kabupaten Nias Utara kami dari Pihak LAPAN siap melakukan pendampingan, penyediaan data dan informasi penginderaan jauh yang dibutuhkan, maupun pendampingan pelatihan sumberdaya manusia yang di butuhkan Kabupaten Nias Utara khususnya dalam bidang penginderaan jauh.

Menanggapi hal itu Bupati Nias Utara Bapak M. Ingati Nazara menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo atas kunjungannya di Kepulauan Nias pada tanggal 19 Agustus 2016 yang menyatakan bahwa : Potensi terbesar di Pulau Nias ada 2 sektor, yaitu : pertama Sektor Pariwisata dan kedua Sektor Perikanan.

Untuk itu, Pemerintah Daerah berusaha menggali potensi tersebut untuk dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Nias Utara. Maka didasari dengan ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara berusaha menggali potensi tersebut untuk dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas Perikanan Sabar Jaya Telaumbanua mengatakan,
Sebagai upaya dan antusias Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam menggali dan meningkatkan sektor ini yakni dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, salah satunya Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

“Sebagaimana kita ketahui bersama pada pagi ini, telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional dengan Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dengan harapan kerjasama ini mampu membawa dampak besar terhadap Kabupaten Nias Utara secara khusus pada sektor Kelautan dan Perikanan,” terangnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya niat baik Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Utara di sektor Kelautan dan Perikanan, kiranya kerjasama dan kebersamaan ini dapat berjalan sesuai dengan masa waktu yang telah ditentukan tanpa mengecualikan prosedur dan mekanisme sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Penandatangan Perjanjian Kerjasama ini, memiliki harapan yang besar terhadap penyediaan data penginderaan jauh yang dibutuhkan, pemanfaatan data dan teknologi penginderaan jauh serta sistem informasi geografis, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam pengolahan dan analisis data penginderaan jauh, penelitian dan pengembangan bidang penginderaan jauh.

“Diseminasi dan publikasi serta kegiatan lainnya yang disepakati khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan dapat terwujud dan terlaksana dengan baik. Segala bentuk teknis yang berkaitan dengan Perjanjian Kerjasama ini kami serahkan ke Satuan Perangkat Daerah Teknis sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerjasama ini,” papar dia.

Dalam pemaparan Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN oleh Ibu Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc menjelaskan bahwa pemanfaatan, pengembangan data dan informasi penginderaan jauh dapat dimanfaatkan di dalam berbagai aspek untuk pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, kemaritiman, kewilayahan, pertahanan dan keamanan, dan kepentingan strategis lainnya.

Untuk pemerintah di Kabupaten Nias Utara dapat diarahkan pada sektor kelautan dan perikanan terutama dalam menentukan zona penangkapan ikan (fishing ground), kawasan budidaya perikanan dan pemanfaatan kawasan lainnya.

“Kami siap memberikan data harian dan mingguan mingguan tentang titik koordinat dan peta wilayah dimana nelayan dapat menangkap ikan, seterusnya untuk sektor pertanian kita dapat memantau dan menghitung luas sawah padi seluruh wilayah kabupaten suatu daerah, termasuk mengawasi perkembangan pertumbuhan padi hingga panen, dan pemetaan kawasan lahan strategis lainnya yang dibutuhkan oleh daerah,” tandasnya.

Mengawali pemanfaatan teknologi penginderaan jauh ini, pihaknya menyediakan pelatihan gratis yang terbuka bagi seluruh ASN daerah yang berkeinginan untuk belajar setiap minggu pertama setiap bulannya dan tentunya selama waktu kerjasama selama 3 tahun ke depan.

“Maka pemerintah daerah dapat menyusun prioritas kegiatan yang mau dilakukan untuk tujuan pembangunan terutama sektor kelautan dan perikanan serta pariwisata,” tandasnya.










Sumber : http://suaraindonesia-news.com/pemkab-nias-utara-jalin-kerjasama-dengan-lapan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL