Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Perkenalkan Alat Pendeteksi Ikan ke Nelayan Ampenan
Penulis : cr-dev • Media : radarlombok.co.id • 06 Jul 2018 • Dibaca : 4921 x ,

MATARAM – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mulai memperkenalkan teknologi alat pendeteksi ikan kepada nelayan yang ada di kawasan pesisir Ampenan, Kota Mataram. Alat pendeteksi ikan di tengah laut tersebut diyakini akan mempermudah nelayan untuk mendapatkan ikan tangkapan ketika melaut.

Sekretaris Utama LAPAN, I L Arisdiyo bersama anggota Komisi VII DPR RI Dapil NTB, Dr H Kurtubi, Kamis kemarin (5/7) menyerahkan alat pendeteksi ikan kepada kelompok nelayan di kawasan pesisir Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela.

Sekretaris Utama LAPAN, I L Arisdiyo menjelaskan, bahwa alat yang disebut dengan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) ini telah terbukti mampu meningkatkan kapasitas produksi hasil tangkapan ikan nelayan di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya di Provinis NTB yang memiliki potensi banyak titik dimana adanya ikan.

“Kami dari LAPAN itu menghasilkan produk namanya Peta JPTI jurnal potensi penangkapan ikan yang diturunkan dari satelit, “ kata Arisdiyo.

Selain memperkenalkan alat ZPPI, LAPAN juga memberikan materi seputar ZPPI ke nelayan di Tanjung Karang, Sekarbela bersama dengan alat pendukung ZPPI tersebut, yaitu GPS-Fishfinder.

Melalui teknologi ini diharapkan nelayan di kawasan pesisir pantai Ampenan mampu meningkatkan produksi ikan. Dalam bantuan satelit untuk menemukan titik-titik lokasi keberadaan ikan di laut dengan menggunakan alat-alat yang telah di temukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dimana zona potensi penangkapan ikan di NTB ini pada akhirnya bisa memberikan informasi kepada nelayan, mensejahterakan nelayan dan meningkatkan produksi ikan nelayan.

“Kami berharap dengan pengunaan alat ini, nelayan di NTB bisa meningkat kesejahteraan mereka, karena hasil tangkapan semakin banyak,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Dr H Kurtubi mengatakan LAPAN sebagai salah satu lembaga penelitian memiliki hasil riset yang bermanfaat bagi nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana wilayah NTB ini memiliki banyak titik lokasi ikan yang dapat para nelayan tangkap dan tempat aman untuk menangkap ikan.

“Kami di DPR RI Komisi VII mendukung program LAPAN untuk bisa memberikan informasi kepada nelayan lebih efektif menangkap ikan, “ kata Kurtubi.

Menurut Kurtubi, pemerintah melalui LAPAN terus berupaya menghadirkan teknologi tepat guna dan aman untuk bisa digunakan dan menolong para nelayan untuk bisa meningkat produksi ikannya.

“Alat pendeteksi tempat ikan ini juga akan diberikan kepada nelayan lainnya yang ada di NTB,” pungkasnya. (cr-dev)





Sumber : https://radarlombok.co.id/lapan-perkenalkan-alat-pendeteksi-ikan-ke-nelayan-ampenan.html/3








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL