Kompetensi Utama

Layanan


Kepala BPPT: Rekomendasi Teknologi Akan Disampaikan Ke Presiden RI
Penulis : G. Suranto • Media : infopublik.id • 20 Jul 2018 • Dibaca : 3256 x ,

Jakarta, InfoPublik – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto mengatakan, rekomendasi teknologi yang merupakan hasil rumusan dari tiga hari pelaksanaan Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2018 akan disampaikan kepada Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

“Jadi rekomendasi teknologi ini, rencananya akan kita sampaikan ke Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan juga ke DPR,” kata Unggul saat konferensi pers KTN 2018 di BPPT, Kamis (19/7).

Selain itu, kata dia, rekomendasi teknologi ini juga akan disampaikan kepada kementerian terkait, misalnya Kementerian Perindustrian, BNPB, Kemenhan, dan ke industri-industri strategis yang terkait dengan industri pertahanan dan keamanan (Hankam).

KTN 2018 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya dengan mengambil tema “Strategi Implementasi Kebijakan Nasional untuk mendukung Kemandirian Teknologi". KTN ini difokuskan pada bidang Teknologi Industri Pertahanan, Teknologi Kebencanaan dan Teknologi Material.

Hal ini lanjutnya, agar sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, dan guna mendukung akselerasi program prioritas pembangunan pemerintah.

“Jadi rekomendasi teknologi ini ditujukan untuk memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam mendukung pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing, dan kemandirian bangsa sesuai dengan program pemerintah yang tertuang dalam Program Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahap II 2020-2024,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam bidang teknologi pertahanan dan keamanan banyak membahas arah kebijakan nasional industri pertahanan, teknologi industri pertahanan, ketahanan nir milier, kebutuhan teknologi keamanan untuk penguatan kedaulatan NKRI pada 100 tahun kemerdekaan RI, dan wacana konsorsium dalam pengembangan teknologi industri pertahanan.

Sementara di bidang teknologi kebencanaan, memberikan masukan dalam rekomendasi kebijakan dalam teknologi kebencanaan, antara lain meliputi pengarusutan teknologi pengurangan resiko bencana (PRB), menuju disaster ready nation dan upaya inovasi teknologi pengurangan risiko bencana di Indonesia. Ada pun terkait bidang teknologi material, disebutkan, dilakukan pembahasan untuk subsitusi impor bahan baku industri dan komponen.

Secara konsep pengembangan teknologi material untuk mendukung industri nasional perlu didasarkan pada alasan-alasan permasalahan di industri, di antaranya seperti ketergantungan impor bahan baku industri dan komponen, minimnya kemampuan pengelolaan SDA dan lemahnya inovasi teknologi material.

Pada hari ketiga KTN 2018 ini, BPPT juga melakukan beberapa penandatanganan kerjasama, yakni Nota Kesepahaman (MoU) dan enam perjanjian kerja sama (PKS). Adapun MoU yang ditandatangani adalah MoU BPPT dengan Kementerian Perindustrian tentang Peningkatan Daya Saing dan Produktivitas Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Melalui Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi di Bidang Industri untuk Mendukung Inisiatif Making Indonesia 4.0.

Sementara perjanjian kerja sama yang ditandatangani adalah perjanjian kerja sama antara BPPT dengan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator BATAN tentang Penelitian dan Pemanfaatan Logam Tanah Jarang.

Perjanjian kerja sama antara BPPT dengan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA)-BATAN tentang Penelitian, Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Akselerator Untuk Aplikasi Material Medis.

Kemudian, perjajian kerjasama antara BPPT dengan Pusat Teknologi Penerbangan, LAPAN tentang Desain Material dan Pengujian Komposit Polimer Untuk Skin Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Perjanjian kerja sama antara BPPT dengan PT Hymsa Indotraco tentang Inovasi Teknologi Pewarnaan Rotan Bahan Baku Mebel dan Kerajinan Rotan Warna. Perjanjian kerjasama antara BPPT dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payahkumbuh tentang Pendampingan Dalam Pemanfaatan Sistem Informasi dan Komunikasi di Kota Payahkumbuh, Sumatera Barat.

Termasuk juga, perjanjian kerja sama antara BPPT dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekalongan tentang Penerapan Pintu Air Komposit Modular untuk Mengurangi Dampak Banjir Rob di Pesisir Pantai Utara Kota Pekalongan, Jawa Tengah.








Sumber : http://infopublik.id/read/280926/kepala-bppt-rekomendasi-teknologi-akan-disampaikan-ke-presiden-ri








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL