Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gelar Pengamatan Gerhana Bulan Terlama di Dua Lokasi
Penulis : Redaksi • Media : unpi-cianjur.ac.id • 23 Jul 2018 • Dibaca : 2515 x ,

UNPI-CIANJUR.AC.ID - Kepala Balai Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin memastikan pihaknya akan melakukan pengamatan gerhana bulan total terlama pada Sabtu (28/7) mendatang.

Tahun ini, Djamal mengatakan pengamatan akan dilakukan di Pasuruan. Selain dilakukan secara internal, pengamatan mendatang juga melibatkan klub astronomi dan perorangan.

Djamal, dilansir CNNIndonesia.com, mengatakan, "Diikuti sekitar 20 klub astronomi amatir dan peserta perorangan. Mereka membawa teleskop masing-masing. Ada sekitar 23 teleskop yang akan digunakan." Tidak ada alasan khusus pemilihan lokasi pengamatan. Menurutnya, pemilihan Pasuruan sebagai lokasi pengamatan karena melihat kesiapan.

Menurutnya, selain di Pasuruan pengamatan serupa juga akan dilakukan oleh Balai LAPAN Garut. Djamal mengatakan tak ada pengamata khusus yang diincar LAPAN dari fenomena alam tersebut.

"Hanya foto prosesnya saja, tidak ada tujuan saintifik," imbuhnya.

Pada Sabtu (28/7) masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan fenomena astronomi berupa gerhana bulan total terlama dengan durasi 103 menit.

Fase total gerhana bulan total akan terjadi pada pukul 02.30 WIB hingga 04.13 WIB atau sekitar satu jam 43 menit. Gerhana bulan total akan berakhir sekitar pukul 05.19 WIB.

Gerhana bulan total terlama bisa dinikmati dengan mata telanjang asalkan tidak terganggu cuaca mendung dan minim polusi cahaya. Djamal juga menegaskan fenomena astronomi ini bisa dinikmati di seluruh daerah di Indonesia.

"Asal cuaca cerah, dari mana pun bisa mengamati karena bulan purnama itu cukup terang. Karena sekarang ini kita sedang musim kemarau, jadi kemungkinan untuk mendung atau hujan kecil," ujarnya.








Sumber : https://www.unpi-cianjur.ac.id/berita-5345-lapan-gelar-pengamatan-gerhana-bulan-terlama-di-dua-lokasi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL