Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasi Kegiatan Keantariksaan Di Unismuh Makassar
Penulis : Redaksi • Media : wartasulsel.net • 25 Jul 2018 • Dibaca : 6940 x ,

WARTASULSEL.NET, – Kegiatan sosialisasi Lembaga penerbangan dan antariksa nasional atau disingkat LAPAN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya. (25/7/2018)

Kegiatan ini diprakarsai oleh anggota komisi Vll DPR-RI Mukhtar Tompo, S. Psi

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kedokteran unismuh Makassar ini mengulas banyak tentang apa itu LAPAN.

Mukhtar Tompo S.Psi menerangkan bahwa Lapan dapat membantu masyarakat seperti nelayan dalam menangkap ikan, dengan menggunakan satelit Alat bantu mengarahkan nelayan ke lokasi tertentu yang terdapat banyak ikan, Namun alat yang dari Lapan ini masih kurang sehingga tidak semua masyarakat mendapatkannya.

Berlanjut ke acara inti Ir. Dedi Irawadi, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Memberikan presentase tentang program program teknologi penginderaan jauh Seperti Monitoring of ilegal fishing yang mana dapat memantau kapal pemancing ilegal dari luar.

Pengembangan sistem observasi bumi nasional Menghasilkan data satelit Memantau yang ada di permukaan bumi.

Sistem informasi SDA dan lingkungan (sipanda) Informasi berbasis penginderaan jauh sektor pertanian, teknologi penerbangan, pertambangan, kewilayahan, sektor perpajakan, perikanan, sektor kebencanaan, Pemantauan pembangunan infrastruktur,

Ir.Dedi Irawadi juga mengatakan “Sistem penginderaan jauh pertanian juga dapat membantu POLRI, seperti jika ada terpantau dari satelit ada kebun ganja ” jelasnya.

Tugas utama Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh adalah menyediakan data penginderaan jauh berlisensi Pemerintah Indonesia bagi seluruh Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah daerah.(BJS)







Sumber : https://wartasulsel.net/2018/07/25/lapan-sosialisasi-kegiatan-keantariksaan-di-unismuh-makassar/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL