Kompetensi Utama

Layanan


Mengamati Gerhana Bulan dan Planet Mars dari Kantor LAPAN
Penulis : Nila Aryola • Media : mercuryfm.co.id • 25 Jul 2018 • Dibaca : 2217 x ,

Sby,MercuryFM - Gerhana bulan total pada saat punama terjauh (media menyebutnya micro-moon) akan terjadi pada dini hari 28 Juli 2018 (malam Sabtu) di langit barat. Fase gerhana sebagian mulai pukul 01.24 sampai pukul 05.19 WIB. Pada rentang waktu tersebut disunnahkan shalat gerhana bulan. "Dari kajian Agama Islam, disunnahkan melakukan shalat gerhana bulan, pada rentang waktu itu," kata Kepala Lapan Watu Kosek, Pasuruan, Dian Yudha Risdianto. Fase total terjadi pada pukul 02.30-04.13 WIB, selama 107 menit, terlama di abad ini.

Pada saat gerhana bulan total, bulan berwarna merah darah, sehingga disebut blood-moon. Warna merah darah itu disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi sehingga warna merah cahaya matahari yang menimpa purnama. Maka media sering menyebutnya fenomena akhir Juli ini sebagai micro-blood-moon.

Yudha menjelaskan, gerhana saat ini menjadi yang terpanjang pada abad ini, karena lintasannya dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan bumi dan jarak bulan terjauh dari bumi. Dengan dua fator itulah purnama berada dalam kegelapan bayangan bumi lebih lama dari gerhana bulan pada umumnya.

Pada saat purnama meredup dan memerah, amati bintang terang kemerahan di samping kirinya. Itulah, kata Yudha planet Mars, tetangga bumi yang juga sedang mengalami purnama sehingga tampak seperti bintang yang sangat terang.

"Kita juga bisa melihat di atas bulan yang memerah. Ada beberapa titik pancar hujan meteor, khususnya yang sedang mengalami saat puncaknya pada malam itu: Southern Delta Aquarids (sekitar 20 meteor per jam) dan Piscis Austrinis (sekitar 5 meteor per jam)," terang Yudha.

Kepala LAPAN Watu Kosek ini juga mengatakan, Balai Pengamatan Antariksa Dan Atmosfer Pasuruan (LAPAN Pasuruan) bersama-sama dengan komunitas Astronomi seluruh Jawa Timur akan melaksanakan pengamatan bersama fenomena yang langka ini.

Ada sebanyak 20 Klub Komunitas Astronomi dan peserta non klub akan hadir dalam kegiatan ini.
Total peralatan yang disiapkan sebanyak 23 Teleskop. Serangkaian acara menarik akan disajikan dalam event ini, mulai dari diskusi gerhana, workshop astrofotografi dan sholat gerhana. (Nl/Dian Yudha)





Sumber : https://www.mercuryfm.co.id/single-post/2018/07/25/Mengamati-Gerhana-Bulan-dan-Planet-Mars-dari-Kantor-LAPAN








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL