Kompetensi Utama

Layanan


Soal Fenomena Embun Es di Dieng, Ini Penjelasan LAPAN
Penulis : Pernita Hestin Untari • Media : techno.okezone.com • 26 Jul 2018 • Dibaca : 1232 x ,

JAKARTA - Sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini tengah dilanda musim kemarau. Hal ini menyebabkan cuaca panas, kekeringan lahan, hingga hutan terbakar.

Namun menariknya, hal tersebut berbeda dengan kondisi yang ada di Pegunungan Dieng, Jawa Tengah. Kabarnya pagi ini wilayah Dieng diselimuti hamparan embun es yang mirip seperti salju.
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto mengungkapkan jika embun dingin yang terjadi di Pegunungan Dieng merupakan fenomena atmosfer yang terjadi karena terjadinya musim dingin di Australia.

"Kemungkinan ada angin dingin bertiup dari Australia yang sedang musim dingin. Akibatnya temperatur di beberapa wilayah Indonesia sempat turun dari normal," jelasnya.
Selain angin musim dingin di Australia yang mempengaruhi cuaca di Indonesia. Saat ini Indonesia juga tengah memasuki musim kemarau.

Dampaknya menurut dia adalah curah hujan turun drastis, uap air di udara berkurang, temperatur siang terasa panas dan malam terkadang dingin.

“Sebagian besar wilayah Indonesia memiliki pola musim yang hampir sama. Sudah sama-sama memasuki kemarau. Memang ada hujan, tapi amat jarang," pangkasnya.


Sumber: https://techno.okezone.com/read/2018/07/26/56/1927690/soal-fenomena-embun-es-di-dieng-ini-penjelasan-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL