Kompetensi Utama

Layanan


Matikan Lampu dan Lihat Empat Planet Berjejer
Penulis : Leo Dwi Jatmiko • Media : era.id • 06 Aug 2018 • Dibaca : 1652 x ,

Jakarta, era.id - Setelah gerhana bulan total terlama yang menyambangi Indonesia pada akhir Juli lalu, kini kita bakal kembali menyaksikan fenomena antariksa di langit malam hari ini.

Nah satu-satunya cara untuk menikmati fenomena antariksa malam ini, dengan mematikan lampu. Sebab fenomena kali ini hanya bisa dinikmati jika suasana gelap seperti langit di malam hari.

Ya, imbauan ini disampaikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk menyambut Hari Keantariksaan. Jadi dengan aksi 'Malam Langit Gelap', LAPAN mengajak masyarakat Indonesia untuk mematikan lampu dari pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

"Kita kampanyekan 'Malam Langit Gelap' untuk membangun kesadaran publik perlunya menjaga keindahan langit dengan mengurangi polusi cahaya. Aksi ini sekaligus menjadi gerakan nasional berhemat energi," tulis LAPAN di akun Twitternya, Senin (6/8/2018).

LAPAN menyebutkan pada malam hari ini, empat planet yakni Venus, Jupiter, Saturnus, dan Mars akan berjajar lurus dari Barat ke Timur. Jadi dengan mematikan lampu bersama-sama, akan memungkinkan kita untuk meminimalisi polusi cahaya sehingga kita bisa mengamati hamparan bintang dan planet di galaksi Bimasakti yang membentang luas di atas kepala kita.

Enggak cuma empat planet yang berjajar lurus, beberapa rasi bintang terkenal seperti Scorpio (Kalajengking), Cygnus (Angsa), dan Crux (Salib Selatan), serta Segi Tiga Musim Panas (Vega - Altair - Deneb) juga dapat disaksikan. Jika beruntung beberapa hujan meteor juga dapat disaksikan.

Fenomena antariksa ini, sekaligus menjadi gerakan nasional hemat energi. Sebab, kata LAPAN, 'Malam Langit Gelap' yang diperingati hari ini menjadi momentum bersejarah, lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

"Kita ketahui bersama, bulan agustus sangat potensial untuk mengamati langit cerah bertabur bintang. Sebab pada bulan ini kita telah memasuki musim kemarau," ucap LAPAN dalam keterangan tertulisnya.

"Yuk! Kita selamatkan bumi dan nikmati keindahan alam semesta dengan melakukan aksi bersama 'Malam Langit Gelap'. Malam Langit Gelap, tekan polusi cahaya, dukung hemat energi!" tutup LAPAN.

Bagaimana, yuk kita nikmati gelapnya langit malam hari ini dengan menyaksikan fenomena antariksa.






Sumber : https://www.era.id/read/Y6U36K-matikan-lampu-dan-lihat-empat-planet-berjejer








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL