Kompetensi Utama

Layanan


Ingin Melihat Bintang dan Antariksa? Yuk ke Gedung Sate Malam Ini
Penulis : Asep Yusuf Anshori • Media : prfmnews.com • 06 Aug 2018 • Dibaca : 2376 x ,

BANDUNG, (PRFM) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menggelar kegiatan peneropongan bintang dan benda langit, di Gedung Sate pada hari ini Senin 6 Agustus 2018. Kegiatan ini pun sekaligus dalam rangka memperingati hari antariksa nasional.



Peneliti Fisika Matahari Bidang Matahari dan Antariksa Lapan sekaligus panitia acara, Agustinus

Gunawan Admiranto mengatakan, acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan pihak panitia tidak memungut biaya sama sekali.



Acara pertama yaitu pemutaran film tentang antariksa di planetarium mini yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mulai 16.30-18.00 WIB. Sementara untuk pengamatan bintang dan planet, lanjut Gunawan akan dimulai pada pukul 20.00-21.00 WIB



“Terbuka buat masyarakat terutama generasi muda. Ada beberapa acara menarik mulai dari melihat film di planetarium jam 16.30 kemudian untuk pengamatan nanti jam 20.00 WIB. Nanti masyarakat bisa melihat benda langit mulai planet Mars, Jupiter, Saturnus dan Pluto,” ujarnya saat on air di PRFM, Senin 6 Agustus 2018.



Pada saat pengamatan nanti, kata Gunawan, pihak panitia akan memadamkan lampu di wilayah sekitar selama satu jam. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi cahaya, sehingga kondisi langit terlihat cerah.



“Pada saat pengamatan lampu dimatikan pukul 20.00-21.00 WIB malam agar keindahan langit teramati,” jelasnya.



Gunawan menjelaskan, digelarnya kembali kegiatan penoropongan bintang ini atas dasar semakin memprihatikannya polusi cahaya yang terjadi di Bandung. Menurut Gunawan kualitas langit di Bandung pada malam hari sudah buruk oleh hadirnya polusi cahaya.



Bahkan akibat polusi cahaya ini, sejumlah hewan yang beraktifitas pada malam hari seperti kunang-kunang sudah jarang terlihat.



“Pada prinsipnya LAPAN itu mengajak masyarakat untuk menikmati keindahan langit malam yang mulai terabaikan. Kita prihatin polusi cahaya berpengaruh juga terhadap efisiensi energi,” pungkasnya.








Sumber : http://www.prfmnews.com/berita.php?detail=-ingin-melihat-bintang-dan-antariksa-yuk-ke-gedung-sate-malam-ini








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL