Kompetensi Utama

Layanan


Universitas Ma Chung Teropong Keindahan Antariksa
Penulis : Imadudin Muhammad • Media : timesjakarta.com • 07 Aug 2018 • Dibaca : 4867 x ,

TIMESJAKARTA, MALANG – Universitas Ma Chung dan Malang Astronomy Club melakukan pengamatan bintang antariksa, dalam peringatan Hari Antariksa Nasional pada 6 Agustus 2018.

Pengamatan bintang ini sekaligus mengkampanyekan progam Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk mematikan lampu luar ruangan pada jam 20 hingga 21.

Progam ini bertujuan agar masyarakat dapat menikmati keindahan langit malam yang bertabur bintang. Untuk memaksimalkan potensi keindahan langit di bulan Agustus 2018 ini, Universitas Ma Chung dan Malang Astronomy Club mengadakan kegiatan peneropongan benda langit pada saat lampu-lampu dimatikan pada Senin (6/8/2018).
Kegiatan diawali dengan kuliah tentang gerak benda langit oleh Rektor Universitas Ma Chung, Dr Chatief Kunjaya, setelah magrib, kemudian dilanjutkan dengan peneropongan planet-planet dan bintang pada jam 20 hingga 21.

Planet-planet yang nampak pada malam itu adalah Venus, Jupiter, Saturnus dan Mars. Kebetulan pada hari itu bulan belum terbit pada sore hari sehingga bintang dan planet tidak terganggu cahaya Bulan.

Dalam melakukan pengamatan ini, peralatan yang digunakan adalah teropong bintang refraktor Barride Optics berdiameter 9 cm. Pada pengamatan terlihat planet Venus seperti bulan setengah. Jupiter nampak sebagai bola dengan diiringi empat bintang kecil yang sebenarnya adalah satelit-satelitnya.

Mars nampak sebagai bola kemerahan. Saturnus nampak cincinnya, sehingga nampak sebagai obyek oval. Selain planet diteropong juga bintang ganda alpha centaury, dalam pengamatan di pelataran Student Centre, kampus Universitas Ma Chung. (*)


Sumber: http://www.timesjakarta.com/read/46418/20180807/162400/universitas-ma-chung-teropong-keindahan-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL