Kompetensi Utama

Layanan


Ladies, Ini Penyebab Suhu Dingin Melanda Berbagai Kota di Indonesia
Penulis : Rohmitriasih • Media : vemale.com • 07 Aug 2018 • Dibaca : 1656 x ,

Vemale.com - Sejak beberapa waktu terakhir, suhu udara yang ada sangatlah dingin. Di beberapa kota di Indonesia seperti halnya di Bandung, Malang, Wonosobo, Yogyakarta, Lombok bahkan Jakarta, suhu udara sangatlah rendah di malam hari.

Melansir dari laman liputan6.com, saat ini matahari berada di belahan bumi utara. Sehingga belahan bumi bagian selatan mengalami musim dingin. Tekanan udara di belahan bumi selatan juga lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara di belahan bumi selatan sehingga menjadikan suhu udara yang ada semakin rendah.

Thomas Djamaluddin, Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan jika di belahan bumi bagian selatan saat ini sedang berada pada musim dingin. Sementara itu, udara di belahan bumi selatan bertiup ke arah utara dan menyebabkan musim kemarau di Indonesia. Musim kemarau ini juga identik dengan menurunnya suhu udara di malam maupun siang hari.

Thomas mengatakan, "Di Indonesia, pada musim kemarau saat ini angin bertiup dari arah Australia yang sedang musim dingin. Itu sebabnya masyarakat di Jawa pada saat ini mengalami udara dingin."

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo juga memberikan asalan kenapa beberapa kota di Indonesia khususnya yang bagian selatan bersuhu dingin. Rendahnya kandungan uap di atmosferlah yang menyebabkan energi radiasi dilepaskan bumi ke luar angkasa pada malam hari. Energi inilah yang digunakan untuk meningkatkan suhu.

Mulyono mengatakan, "Adanya pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia semakin signifikan sehingga berimplikasi pada penurunan suhu udara yang cukup signifikan pada malam hari di wilayah Indonesia khususnya Jawa, Bali, NTB dan NTT."

Mengingat suhu udara yang ada saat ini cukup rendah alias dingin, pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Bagi kamu yang tak tahan dengan suhu dingin, jangan lupa untuk selalu memakai pakaian hangat dan konsumsi makanan yang menghangatkan tubuh. Miliki juga olahraga cukup dan hindari kebiasaan berada di luar rumah saat malam hari.



Sumber: https://www.vemale.com/ragam/118352-ladies-ini-penyebab-suhu-dingin-melanda-berbagai-kota-di-indonesia.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL