Kompetensi Utama

Layanan


Kesaksian Warga Melihat Cahaya Hijau Di Langit Lombok Saat Gempa, Ada Apa?
Penulis : Ady Nugraha • Media : sumber.com • 07 Aug 2018 • Dibaca : 1406 x ,

Sumber.com - Kilauan cahaya hijau tampak di langit saat gempa mengguncang Lombok, Minggu 5 Agustus jam 18.45 lalu. Menurut warga penampakan cahaya tersebut seperti petir yang menyambar. Terlihat begitu jelas di langit Lombok.



"Saya lihat langit di arah utara keluar cahaya hijau, seperti petir menyambar," kata Mallias, warga Perumnas Mataram yang ketika gempa bumi terjadi berada di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram.



Slamet Prabowo yang berhasil menyelamatkan anaknya yang sedang tidur lelap di kamar lantai dua rumahnya, juga mengaku menyaksikan hal yang sama. Dia menyatakan melihat kilauan hijau di langit utara.


"Apa mungkin itu, hijau terang bercahaya dari arah utara?" tanyanya heran.



Mallias dan Slamet bersama warga lainnya di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram berhamburan keluar rumah ketika terjadi guncangan hebat tersebut. Bahkan, pascagempa terjadi, listrik dengan seketika padam. Masyarakat tampak berhamburan ke luar rumah dengan panik.



Sebagian Mataram tampak gelap karena keterbatasan cahaya lampu.



Warga menduga bahwa penampakan cahaya hijau tersebut adalah meteor, namun hal tersebut dibantah oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Meski tidak menyebutkan secara spesifik, dia menyebut bahwa benda misterius tersebut bukan berasal dari ruang angkasa.



"Saya menduga tidak ada kaitannya karena tidak ada alasan fisisnya. Ketampakan meteor dan gempa tidak ada kaitannya," kata Thomas.



Kepanikan masyarakat terlihat akibat muncul informasi BMKG yang menyatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter tersebut berpotenai tsunami dengan posisi 8,37 LS-116,48 BT yang berlokasi 18 km barat laut Kabupaten Lombok Timur.


Sumber: https://sumber.com/gaya-hidup/berita-terkini-gaya-hidup/sumber/kesaksian-warga-melihat-cahaya-hijau-di-langit-lombok-saat-gempa,-ada-apa.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL