Kompetensi Utama

Layanan


Viral Cahaya Terbelah di Gunung Sindoro, Apa yang Sebenarnya Terjadi?
Penulis : Aditya Mardiastuti • Media : news.detik.com • 08 Aug 2018 • Dibaca : 277 x ,

Wonosobo - Foto dan video penampakan cahaya matahari dari balik Gunung Sindoro, Jawa Tengah ramai dibahas di media sosial. Cahaya matahari di langit itu seakan terbelah di atas gunung.

Penampakan sinar matahari di Gunung Sindoro itu diunggah akun Instagram @emi_lefy. Dari foto terlihat bayangan gelap di atas gunung sementara sisi kanan dan kiri terlihat lebih terang.

"Peristiwanya itu Senin (6/8) pagi sekitar pukul 06.15 WIB sudah kelihatan gradasinya. Foto saya ambil pukul 06.21 WIB," kata Emy Lestari Fitriyana ketika dihubungi, Rabu (8/8/2018).
Emi menerangkan dia juga merasa kagum dengan pemandangan tersebut. Dia mengumpamakan cahaya itu bak sinar senter yang langsung menyorot ke arah gunung. Emi mengatakan dirinya tak mengedit foto tersebut.

"Kayak ada benda kita senteri, yang nggak kena cahaya kan kena bayangan gelap. Kalau gunungnya menghadap ke mbak yang disenteri dari bawah kanan. Jadi yang nggak kena cahaya kan item kayak nggak ada awan terbelah," kata guru SMP Watumalang itu.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging menerangkan fenomena itu adalah peristiwa alam biasa. Dia menyebut fenomena itu terjadi karena cahaya matahari terhalang gunung.

"Cahaya matahari terhalang gunung aja, cuma kebetulan cahaya matahari kehalang gunung. Itu bayangan, itu hal yang biasa, efek optis biasa," terang Sungging.
Sungging menambahkan fenomena itu mirip dengan sinar antikrepuskular alias anticrepuscular rays. Hanya saja bedanya sinar antikrepuskular cahaya matahari terhalang awan, sedangkan fenomena ini cahaya matahari terhalang gunung.

"Prinsipnya hampir sama, bukan sesuatu yang harus dihebohkan," terangnya.



Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4156041/viral-cahaya-terbelah-di-gunung-sindoro-apa-yang-sebenarnya-terjadi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL