Kompetensi Utama

Layanan


Radar BMKG - Lapan Bikin Nelayan Aman Melaut
Penulis : Ivan Aditya • Media : http://krjogja.com • 13 Aug 2018 • Dibaca : 6204 x ,

SLEMAN, KRJOGJA.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersinergi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) memetakan potensi laut Indonesia termasuk di selatan Pulau Jawa. Kedepan, nelayan di DIY bakal mendapatkan informasi komplit terkait prediksi akurat cuaca serta lokasi yang tepat untuk menangkap ikan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya mulai berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Lapan guna mewujudkan keamanan dan peningkatan produktivitas nelayan. Menurut dia, BMKG memiliki kepentingan untuk memastikan keamanan para nelayan saat melaut menjalani profesinya.

“Kami keluarkan peringatan dini, predikai cuaca dan iklim. Kalau cuara 3-7 hari kedepan sudah bisa dikeluarkan sementara untuk iklim hingga 6 bulan kedepan. Harapannya, nelayan kita bisa semakin aman dalam melaut dan mendapatkan hasil tangkapan ikan tanpa membahayakan nyawa, mereka tahu kapan waktu tepat untuk melaut,” ungkap Dwikorita usai membuka Sekolah Lapan Nelayan wilayah DIY, Senin (13/08/2018) siang.

Terkait produktivitas nelayan, BMKG menjalin kerjasama dengan Lapan yang memiliki teknologi pencitraan satelit. Melalui citra satelit, para nelayan di laut Indonesia bisa diarahkan untuk menangkap ikan di area yang memang ada banyak ikan.

"Kalau ada citra Lapan nelayan bukan mencari ikan namun menangkap ikan. Lebih mudah dan cepat, menghemat waktu sehingga nelayan punya kualitas hidup yang lebih baik bersama keluarganya. Dampaknya tentu perekonomian mereka lebih baik,” sambung mantan Rektor UGM tersebut.

Halimurrahman Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan menambahkan dalam prakteknta nanti pihaknya akan mengandalkan Syahbandar yang berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk memberikan informasi lanjutan pada nelayan. Syahbandar dalam hal ini memegang peranan penting karena memiliki kewenangan memberikan ijin nelayan melaut sekaligus menjaga rahasia sumber ikan di laut Indonesia.

“Sebenarnya saat ini kami sudah punya Semar (Sistem Embaran Maritim) yang hanya bisa diakses Syahbandar menggunakan perangkatnya, karena informasi ikan adalah hal sensitif saat ini. Syahbandar yang bisa memberikan informasi pada nelayan untuk menuju titik konsentrasi ikan. Ketika sudah ada BMKG berarti informasinya semakin komplit sehingga harapannya nelayan bisa maksimal dan cepat menangkap ikan,” terangnya.

Sementara untuk wilayah DIY, Sekolah Lapang Nelayan diikuti 30 peserta dari petugas pelabuhan, penyuluh perikanan, nelayan dan petambak. Diharapkan, para peserta nantinya menjadi ujung tombak perpanjangan informasi sekaligus memudahkan komunikasi dengan para nelayan di lapangan. (Fxh)



Sumber: http://krjogja.com/web/news/read/74578/Radar_BMKG_Lapan_Bikin_Nelayan_Aman_Melaut








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL