Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan ORARI Kenalkan Satelit LAPAN-A2/ORARI di Ritech Expo 2018
Penulis : Dwi ereline Amelia • Media : www.viva.co.id • 13 Aug 2018 • Dibaca : 6557 x ,

VIVA – Seminar “BimTek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/ORARI (IO86) Amatir Radio Menggunakan Radio Genggam” oleh LAPAN bekerjasama dengan ORARI dilangsungkan pada hari ke-2 Ritech Expo 2018, Sabtu (11/8) . Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam menyambut Hari Teknologi Nasional ke-23.

Seminar yang diikuti oleh sekitar 80 orang peserta dari mahasiswa perguruan tinggi di daerah Riau tersebut dilaksanakan di Komplek Rumah Gubernur Provinsi Riau. Turut hadir juga Kepala Bagian Publikasi dan Dokumentasi Kemenristekdikti Dadan Nugraha, Kepala Humas LAPAN Jasyanto, dan perwakilan dari ORARI lokal Pekanbaru Edi Pramono.

Dalam sambutannya Dadan Nugraha mengaku bangga sebab Indonesia telah berhasil meluncurkan satelit komunikasi yang dapat digunakan rakyat Indonesia bahkan negara lainnya. Dadan juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang telah berkontribusi dalam Ritech Expo tahun ini.

“Indonesia patut bangga karena kita mampu membuat satelit komunikasi yang digunakan untuk kita, bahkan negara lainnya. Kita patut bersyukur dan bangga ada satelit karya anak bangsa dan nanti kita akan sama-sama uji coba bagaimana cara membuat peralatan komunikasi yang nanti disambungkan dengan satelit tersebut. Dan kami mewakili Kemenristekdikti dan koordinator Ritech Expo mengucapkan terimakasih kepada LAPAN atas partisipasinya dalam acara ini,” ujarnya.

Jasyanto dalam sambutannya memaparkan bahwa tujuan seminar ini yaitu memperkenalkan satelit Lapan A2/orari amatir menggunakan radio genggam kepada para mahasiswa dan juga berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Disini kita akan praktik dengan antena dan melalui gelombang fisika, dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu dapat berkomunikasi dari luar daerah,” jelasnya.


Sumber: https://www.viva.co.id/kemenristekdikti/1064464-lapan-dan-orari-kenalkan-satelit-lapan-a2-orari-di-ritech-expo-2018








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL