Kompetensi Utama

Layanan


Hakteknas ke 23: Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam
11 Aug 2018 • Dibaca : 7808 x ,

LAPAN kembali selenggarakan Bimtek Komunikasi Melalui Satelit Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam’’. Acara yang terselenggara atas kerjasama LAPAN, ORARI, Kemenristekdikti dan Pemprov Riau ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 23 di Komplek rumah dinas Gubernur Riau, Pekanbaru (11/08).



Bimtek ini diikuti sebanyak 90 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Riau, Politeknik Caltex Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Islam Riau serta beberapa siswa SMA.Bimtek ini bertujuan untuk memberi ketrampilan pada peserta dalam membuat antena untuk pemakaian gelombang radio & frekwensi yang dapat digunakan sebagai komunikasi alternatif.






Dalam sambutannya Kabid Informasi dan Dokumentasi Ristekdikti, Dadang Nugraha mengatakan ” Saat ini Indonesia melalui LAPAN telah membuat satelit sendiri dan ini adalah bentuk pengembangan riset dan teknologi yang luar biasa”, ujarnya. Dadang juga berharap dengan adanya workshop ini menjadi ajang pembuktian terhadap penerapan dan pemanfaatan karya teknologi anak bangsa.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Humas LAPAN, Jasyanto menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenristekdikti, Pemprov Riau dan ORARI yang telah membantu LAPAN sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan baik. “Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam ini merupakan bagian dari layanan edukasi LAPAN kepada generasi muda agar mereka memiliki pengetahuan tentang teknologi keantariksaan khususnya satelit dan pemanfaatannya bagi kehidupan manusia”, jelas Jasyanto.





Selanjutnya, Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi dalam presentasinya menjelaskan mengenai perkembangan teknologi satelit dan pemanfaatanya bagi kehidupan sehari-hari seperti komunikasi, prediksi cuaca, pemetaan, navigasi, pertanian, pertambangan serta penelitian-penelitian ruang angkasa. Lebih lanjut ia juga memaparkan hasil litbang di Pusat Teknologi Satelit yaitu Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang sudah meluncur dan menghasilkan data yang bisa digunakan kepada masyarakat yaitu berupa data gambar satelit, data AIS, Magnetometer dan lain sebagainya, di akhir acara beliau juga menjelaskan rencana kedepan untuk meluncurkan satelit LAPAN-A4 dan satelit LAPAN-A5.





Dalam Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam ini para peserta diberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia oleh perwakilan ORARI Pekanbaru, dr Edhy Pramono. Kemudian peserta melanjutkannya dibimbing oleh tim ORARI, Yono Adisoemarta dan Mubin yang mengajarkan berkomunikasi dengan menggunakan satelit amatir, menggerakan antena sesuai dengan pergerakan satelit, melihat jadwal lintasan satelit.



Keingintahuan dan antusias peserta terlihat ketika mereka merakit antena dan praktik di lapangan untuk uji coba komunikasi ke satelit LAPAN-A2 LAPAN/ORARI atau yang disebut IO-86 menggunakan radio genggam. Beberapa peserta berhasil berkomunikasi secara langsung dengan ORARI di Jakarta dan Thailand. Dengan adanya bimtek ini diharapkan mereka dapat membuat unit pesawat komunikasi yang berupa antena dua arah pengirim dan penerima dengan radio genggam yang mana sangat berfungsi untuk keadaan darurat.













Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL